Wisata Religi Masjid Agung Kota Sukabumi Jawa Barat

0 89

Masjid Agung Kota Sukabumi

Masjid Agung Kota Sukabumi menjadi salah satu kunjungan saya pada akhir pekan lalu, berjarak sekitar kurang lebih 88 kilometer dari Bogor dengan waktu tempuh hampir 3 jam melalui jalur Cicurug dan Cibadak kemudian ke arah Kota Sukabumi. Megah dan indah, itulah kesan pertama saat saya melihat dari dekat didalam area Masjid Agung Kota Sukabumi. Kedatangan saya disana pas dengan kumandang adzan sholat Ashar, saya dan kedua teman saya langsung bergegas untuk mengambil wudhu yang terletak dilantai dasar dan bersiap melaksanakan sholat Ashar berjamaah. Selesai sholat dan berdoa, saya mulai mencari informasi seputar Masjid Agung Kota Sukabumi dan mengabadikan bangunan masjid kedalam kedalam kamera yang saya bawa.

Tentang Masjid Agung Kota Sukabumi

Masjid Agung Kota Sukabumi berlokasi dipusat Kota Sukabumi, lokasinya cukup strategis karena berada dekat dengan Pendopo Negara Kabupaten Sukabumi, Alun-Alun Kota Sukabumi, Lapangan Merdeka dan pusat perbelanjaan di Kota Sukabumi. Masjid Agung Kota Sukabumi merupakan masjid tertua di Kota Sukabumi, bangunan masjid sudah berdiri sejak tahun 1905.

Beberapa kali masjid ini mengalami pemugaran hingga enam kali, pemugaran terakhir selesai pada tahun 2013 yang diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Wali Kota Sukabumi saat itu Mokh Muslikh Abdussyukur. Sejak dahulu, Masjid Agung Kota Sukabumi merupakan pusat perkembangan Islam di Kota Sukabumi. Selain untuk melaksanakan ibadah sholat, Masjid Agung Kota Sukabumi memiliki banyak kegiatan seperti pusat dakwah, tabligh akbar, pengajian yang rutin dilakukan dan kegiatan keagamaan lainnya.

Ruangan utama Masjid Agung Kota Sukabumi

Dari gerbang utama, saya berjalan masuk kedalam ruangan utama masjid yang nampak luas berkapasitas ratusan orang dengan hamparan karpet yang didominasi warna merah. Sejumlah tiang di sudut-sudut ruangan berdiri kokoh menopang bangunan berwarna kuning keemasan. Di ujung bagian depan ruangan utama terdapat mihrab dengan ornamen kaligrafi bertuliskan kalimat syahadat dan hiasan dinding bertuliskan lafadz Allah. Yang saya sukai ialah hiasan Asmaul Husna yang terletak di samping kanan dan kiri posisi imam yang kian melengkapi nuansa Islami ruangan utama masjid ini.

Source wisata religi detiktravel
Comments
Loading...