Wisata Religi Masjid Agung Demak Jawa Tengah

0 167

Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak adalah salah satu masjid tertua yang ada di Indonesia. Masjid ini terletak di Kauman. Masjid ini dipercayai pernah menjadi tempat berkumpulnya para ulama yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa yang disebut dengan wali sanga atau kerap pula ditulis dengan ejaan walisongo.

Aksesbilitas Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak berada di tengah kota dan menghadap ke alun-alun yang luas. Seperti dikutip Semarangpos.com dari pusakaindonesia.org, Masjid Agung Demak didirikan dalam tiga tahap. Tahap pertama pembangunan adalah pada 1466. Kala itu masjid tersebut masih berupa bangunan Pondok Pesantren Glagahwangi yang diasuh Sunan Ampel. Pada 1477, masjid ini dibangun kembali sebagai masjid Kadipaten Glagahwangi Demak. Pada 1478, ketika Raden Patah diangkat sebagai Sultan I Demak, masjid ini kembali direnovasi dengan penambahan luas bangunan.

Lokasi Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak terletak di desa Kauman, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Lokasi persisnya sangat mudah ditemui yaitu di sebelah utara Alun-alun Kabupaten Demak.

Sejarah Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak diperkirakan didirikan oleh Raden Patah yang merupakan Sultan dari Kesultanan Demak sekitar abad 15 Masehi. Dalam masa pemerintahan Raden Patah, Kerajaan Demak mengalami masa jayanya. Masjid Agung Demak ini dulunya sebagai pusat penyebaran Agama Islam di Tanah Jawa. Walisongo sering mengadakan pertemuan di Masjid ini.

Source wisata Demak
Comments
Loading...