Wisata Religi Masjid Agung Banten

0 18

Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten merupakan salah satu wisata religi yang terletak di Jl. Banten Lama, Banten, Kasemen, Serang, Banten 42161. Masjid Agung Banten merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia yang penuh dengan nilai sejarah. Masjid yang dibangun antara tahun 1552-1570 saat Sultan Maulana Hasanuddin memerintah ini, menjadi salah satu bangunan bersejarah perkembangan Islam di Provinsi Banten. Bangunan Masjid Agung Banten berada di atas kompleks seluas 1,3 hektare yang dikelilingi pagar tembok setinggi satu meter.

Sejarah Masjid Agung Banten

Sejarah pendirian Masjid Agung Banten berawal dari instruksi Sultan Gunung Jati kepada anaknya, Hasanuddin. Konon, Sunan Gunung Jati memerintahkan kepada Hasanuddin untuk mencari sebidang tanah yang masih? sebagai tempat pembangunan Kerajaan Banten. Setelah mendapat perintah ayahnya tersebut, Hasanuddin kemudian shalat dan bermunajat kepada Allah agar diberi petunjuk tentang tanah untuk mendirikan kerajaan.

Konon, setelah berdoa, secara spontan air laut yang berada di sekitarnya tersibak dan menjadi daratan. Di lokasi itulah kemudian Hasanuddin mulai mendirikan Kerajaan Banten beserta sarana pendukung lainnya, seperti masjid, alun-alun, dan pasar. Perpaduan empat hal: istana, masjid, alun-alun, dan pasar merupakan ciri tradisi kerajaan Islam di masa lalu.

Keunikan Masjid Agung Banten

Pemandangan di sekitar masjid dan perairan lepas pantai dapat terlihat di atas menara, karena jarak antara menara dengan laut yang hanya sekitar 1,5 km. Menara ini dulu digunakan untuk mengawasi aktivitas di sekitar pelabuhan dan memantau kedatangan kapal-kapal asing. Keunikan lainnya, berbagai bangunan inti serta pelengkapnya yang dirancang di dalam serta di luar masjid seperti ornamen pada pintu, jumlah dan tinggi pintu, serta jumlah tiang penyangga atap.

Misalnya, saja 24 tiang penyangga atap dalam bangunan inti masjid merupakan simbol waktu dalam sehari. Sedangkan setiap tiang yang berbentuk segi delapan menandakan tiga pembagian waktu dari 24 jam, yaitu untuk ibadah, untuk bekerja dan mencari penghidupan, serta untuk istirahat. Begitu pula dengan umpak batu andesit berbentuk labu ukuran besar yang terdapat pada tiap dasar tiang masjid dan pendopo digambarkan sebagai simbol pertanian untuk mengingatkan serta menunjukkan kemakmuran kesultanan Banten lama pada masanya.

Akses Menuju Masjid Agung Banten

Di Masjid Agung Banten, anda tak hanya dapat melihat Masjid dengan arsitektur yang megah, pasalnya pada Masjid Agung Banten juga banyak makam orang-orang yang dikenal berjasa dalam penyebaran agama Islam di Banten. Antara lain yaitu, Sultan-Sultan Banten dan keluarganya. Maka tak heran jika Masjid Agung Banten tak pernah sepi dari pengunjung dan peziarah. Masjid ini terletak sekitar 10 Km di utara Kota Serang. Anda dapat mencapainya dengan kendaraan pribadi dengan cara menuju kota Serang terlebih dahulu. Bila menggunakan kendaraan umum. Anda dapat menuju terminal Pakupatan yang ada di kota serang untuk kemudian menyewa angkutan untuk menuju Masjid Agung Banten.

Source https://daerah.sindonews.com https://daerah.sindonews.com/read/1187740/29/keistimewaan-masjid-agung-banten-padukan-tiga-gaya-arsitektur-sarat-filosofi-1489345132
Comments
Loading...