Wisata Religi Makam Sunan Kalijaga Demak Jawa Tengah

0 207

Makam Sunan Kalijaga

Makam Sunan Kalijaga untuk di kunjungi adalah makam dari salah satu 9 wali (wali songo) penyebar agama islam di tanah Jawa, yaitu Makam Kanjeng Sunan Kalijaga. Sunan Kalijaga atau orang jawa juga menyebutnya Sunan Kalijogo adalah salah satu dari 9 Wali yang menyebarkan agama islam di tanah Jawa. Kepiawaian beliau dalam menyebarkan agama islam di tanah Jawa sudah sangat di kenal, bahkan cara beliau dalam menyampaikan islam kepada masyarakat dengan gaya yang unik membuat Sunan Kalijaga bisa mendapatkan tempat tersendiri di hati masyarakat Jawa. Beliau dikenal sebagai salah satu penyebar agama islam yang menggunakan pendekatan budaya dalam penyampaiannya, seperti menggunakan gamelan, seni ukir, wayang, seni suara (nyanyian), dan perangkat budaya lain sebagai sarana berdakwah.

Loaksi Makam Sunan Kalijaga

Alamat makam keramat salah satu dari walisongo ini terletak di Desa Kadilangu, Kab Demak, (Bintoro), Jawa Tengah. Kalau dari kota Semarang arahnya ketimur, bila ditempuh dengan kendaraan roda 4 kurang lebih satu hingga satu setengah jam perjalanan. Alamat makam keramat kadilangu atau makam kanjeng Sunan Kalijaga cukup mudah di temukan karena di sepanjang jalan ada rambu-rambu atau petunjuk jalan yang memang mengarah ke Masjid Kadilangu (Makam Sunan Kalijogo).

Bahkan bagi orang awam sekalipun yang tidak hafal jalan, dapat dengan mudah menemukannya, Anda bisa bertanya kepada masyarakat sekitar Demak, mereka pasti sangat tahu dimana alamat makam keramat Sunan Kalijogo atau petilasan Sunan Kalijogo.

Keunikan Makam Sunan Kalijaga 

Ada tradisi unik, yang selalu hadir dan ramai menjadi atraksi wisata religi di banyak destinasi. Salah satunya, Demak, sekitar 20 kilometer dari Kota Semarang, Jawa Tengah. Bekas Negara Islam pertama kali di tanah Jawa yang dikenal dengan kisah 9 Wali itu.

Memasuki bulan Ramadhan, dua destinasi wisata religi yang juga menjadi landmark kota Demak, yakni Masjid Agung Demak dan makam Sunan Kalijaga di Kadilangu, semarak. Berbagai kegiatan bulan suci Ramadan dilakukan di dua tempat bersejarah bagi umat Islam di Indonesia tersebut.

Di makam Sunan Kalijaga keramaian terjadi saat Ruwah dan Syawal. Dapat dipastikan pengunjung mencapai ratusan ribu per hari. Selama 24 jam, lokasi makam dan sekitarnya penuh lautan manusia.

Hj Sutarti, salah seorang pedagang souvenir di lokasi makam menuturkan bulan ruwah atau masuk puasa seperti sekarang ini, dapat dipastikan pengunjung membludak. Bus-bus dari luar kota berdatangan hingga memenuhi badan jalan.

Source wisata Demak
Comments
Loading...