Wisata Religi Makam Sunan Giri di Gresik

0 146

Makam Sunan Giri

Makam Sunan Giri ini merupakan salah satu wisata religi yang terletak di wilayah perbukitan, tepatnya di Desa Giri, Kebomas, Gresik. Bisa dikatakan juga bahwa Makam Sunan Giri berada tidak jauh dari lokasi makam Sunan Prapen. Berbeda dengan Makam Sunan Prapen, Makam Sunan Giri ini jauh terlihat begitu ramai daripada makam Sunan Prapen. Mungkin karena peran Sunan Giri yang memang terbilang begitu penting dalam penyebaran agama islam.

Bangunannya merupakan sebuah cungkup milik makam Sunan Dalem atau juga sering dikenal dengan nama Zainal Abidin, dimana Sunan Dalem adalah merupakan seorang putra pertama Sunan Giri. Sementara makam Sunan Giri sendiri terletak di sebelah makam anaknya, Sunan Dalem. Dengan fondasi yang terbuat dari bebatuan unik berwarna putih, serta tembok kayu dengan ukiran yang tampak begitu rumit namun memiliki kesan indah tersendiri.

Di Atas merupakan foto makam Sunan Giri yang tampak dari luar. Terlihat dengan jelas bahwa Makam Sunan Giri tertutup oleh tembok kayu dengan ukiran-ukiran khas yang begitu mencolok keunikannya. Diketahui juga bahwa ukiran tersebut digunakan sebagai penghormatan dan kecintaan masyarakat setempat terhadap Sunan Giri.

Akses Jalan Menuju Ke Makam Sunan Giri 

Untuk menuju ke Makam Sunan Giri sebenarnya ada tiga akses jalan masuk, yakni dari arah Masjid Sunan Giri, dari anak tangga tengah yang melewati candi bentar serta patung naga yang memiliki ukuran yang cukup besar, serta bisa juga masuk dari jalur makam Sunan Prapen. Sedangkan untuk masalah arah, sepertinya kalian bisa mengandalkan teknologi google maps. Selain lebih praktis, sepertinya google maps juga terlihat akurat terhadap situs situs bersejarah ataupun tempat wisata lainnya.

Tips Berkunjung Ke Makam Sunan Giri 

Terakhir, tentunya adalah tips yang biasa saya bagikan untuk kalian semua yang akan berkunjung ke suatu tempat, khususnya buat kalian yang akan mengunjungi situs islam yang satu ini, yaitu Makam Sunan Giri.  Seperti yang kita ketahui, bahwa untuk menuju ke Makam Sunan Giri ini kalian harus berjalan melewati sejumlah anak tangga, maka kalian jangan lupa untuk bawa minuman dan makanan ringan agar sewaktu-waktu merasa lelah bisa istirahat sambil menyantap bekal yang sudah di bawa dari rumah. Meskipun di tempat ini sudah tersedia beberapa warung, namun akan jauh lebih bijak lagi apabila kalian bawa bekal sendiri, selain murah tentu juga akan membuat semuanya jadi mudah.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Makam-Sunan-Giri
Comments
Loading...