Wisata Religi Klenteng Hok Tek Bio di Jakarta

0 33

Klenteng Hok Tek Bio

Klenteng yang menjadi sudah menjadi saksi bisu perkembangan kawasan Pasar Baru lebih dari 300 tahun yang lalu, Hok Tek Bio namanya. Untuk mencapai klenteng ini cukup mudah, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi langsung menuju kawasan Pasar Baru, atau bisa menggunakan Busway Trans Jakarta dan Kereta. Jika menggunakan kereta, anda bisa turun di Stasiun Juanda, lalu dari stasiun tinggal berjalan kaki sekitar kurang dari 1 km akan sampai di depan gapura masuk kawasan Pasar Baru. Jika naik Transjakarta, bisa melalui rute trayek PGC-Harmoni transit di Juanda lalu ke Pasar Baru dan dari Harmoni-PGC tak perlu transit di Juanda.

Sesampainya di kawasan Pasar Baru, kita akan melihat gapura besar dan tinggi bergaya etnik Tiong Hoa, terukir tulisan “Pasar Baroe 1820” yang menandakan bahwa kawasan ini mulai berdiri pada tahun 1820. Melewati gapura, kita bisa melihat banyak toko-toko modern berdiri. Dari toko elektronik, toko pakaian, kain, kuliner dan lain-lain. Semakin memasuki kedalam, anda akan melihat plang petunjuk kecil menuju yayasan Vihara Dharma Jaya (Sin Tek Bio) nama lain dari Klenteng yang kita tuju. Plang petunjuk tersebut membawa kita melewati gang sempit yang hanya muat untuk 1-2 orang saja.

Tertulis jelas di tembok gang sempit yang kita lewati, kalau Klenteng ini berdiri sejak tahun 1698. Klenteng ini ada 3 tingkat namun digunakan tempat ibadah hanya sampai tingkat tida saja. Di dalam klenteng ini terdapat ratusan dewa yang berasal dari abad ke-17 dan abad ke-20 dengan 14 altar di ruang utama dan 14 altar di ruang atas. Dan yang menarik disini adanya altar-altar tokoh lokal seperti Mbah Raden, yang altarnya berisi peralatan tempat tidur seperti kasur, bantal guling mini, cangkir-cangkir teh.

Anda dapat baca penempatan altar tokoh lokal adalah suatu penghormatan para pendatang dari Tiongkok kepada wilayah dimana mereka tinggal. Altar ini merupakan bentuk akulturasi kepercayaan pendatang dan kepercayaan lokal. Klenteng ini dibuka untuk siapa saja baik yang ingin beribadah atau sekedar berwisata. Kita tidak ditarik biaya masuk, hanya saja berkunjung ke klenteng ini harap berlaku sopan karena merupakan tempat ibadah. Ada baiknya saat berkunjung ke sini, berbicara dahulu meminta ijin kepada petugas yang ada di klenteng ini.

Source http://www.catatannobi.com http://www.catatannobi.com/2014/02/klenteng-hok-tek-bio-pasar-baru.html
Comments
Loading...