Wisata Religi Klenteng Boo Hway Bio di Jombang

0 183

Klenteng Boo Hway Bio

Klenteng itu memiliki gerbang  yang berukuran cukup kecil.Pada gerbang yang di bagian atasnya terdapat ornamen sepasang naga itu tertulis nama Klenteng Boo Hway Bio merupakan salah satu wisata religi yang berada di Jalan, Belakang Pasar, Mojoagung, Kademangan, Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61482. Di halaman depan klenteng tampak dua menara untuk membakar kertas-kertas doa.

Bentuk menara itu cukup unik karena seperti botol dengan ornamen burung Hong (Phoenix ) pada sisi kanan dan Naga pada sisi kiri. Walau berukuran mungil, namun klenteng Boo Hway Bio yang dibangun pada tanggal 6 Lak Gwee atau 6 Juni 1928 ini ternyata memiliki banyak keindahan. Klenteng ini memiliki  tuan rumah sesembahan yaitu San Ci Kung yang merupakan Dewa Penolong.

Pada bagian depan klenteng ini terdapat hiolo yang terbuat dari kuningan dengan ornamen sepasang naga. Sepasang lampion dan tulisan berhuruf  Tiongkok menghiasi di sekitar pintu.

Masuk ruangan klenteng utama. Yang menarik, di samping kanan dan kiri pintu masuk ruangan utama klenteng itu terdapat relief bergambar kisah Delapan Dewa. Gambar pada relief itu tampil beraneka warna dengan gaya ala komik. Relief bergambar harimau dan naga juga menghiasi ruangan depan ini. Begitu juga dengan pilar-pilar yang berhias ornamen naga.

Source http://jelajah-nesia.blogspot.co.id http://jelajah-nesia.blogspot.co.id/2012/11/kelenteng-boo-hway-bio-yang-indah-di.html
Comments
Loading...