Wisata Religi Graha Santa Maria Annai Velangkanni

0 95

Graha Santa Maria Annai Velangkanni

Bagi anda yang masih asing dengan tempat ini, apa yang anda pikirkan dari sebuah foto diatas, sama seperti wisatawan lain, awalnya mungkin Anda menyangka ini adalah sebuah kuil atau pun vihara. Namun kenyataannya, tempat ini adalah sebuah Gereja Katolik yang ada di kota Medan. Nah, disinilah letak keunikan itu, tidak seperti sebuah gereja pada umumnya, gereja ini dibangun menyerupai bentuk kuil Hindu dengan luas sekitar 6.000 m2, selain tempat ibadah, Gereja ini menjadi tempat berziarah bagi umat Katolik.

   

Pada awalnya tempat itu diperuntukkan bagi umat Katolik Tamil yang ada di Medan akan tetapi dalam perkembangannya semua umat Katolik dapat datang dan berziarah disitu tanpa batas asal-usul ataupun ras karena sesungguhnya tempat itu dipersembahkan bagi seluruh umat Katolik dan juga sebagai objek wisata bagi wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Graha Santa Maria Annai Velangkanni didesain oleh Pastor James Bharataputra S.J. Gereja ini dibangun pada September 2001 pembangunan graha mulai dilakukan selama empat tahun dengan biaya yang dihabiskan sebesar Rp 4 miliar. Dan kemudian di resmikan pada tanggal 1 Oktober 2005.

Keunikan graha terletak pada keaslian arsitektur seperti era di kerajaan Mongolia Kuno dengan gaya Indo-Mongul, setiap ornamen dan pewarnaan dilakukan oleh tangan-tangan amatir. Graha Santa Maria Annai Velangkanni memiliki bangunan utama yang mempunyai bentuk menara. Bangunan yang mempunyai nama Maria Annai berarti Bunda Maria dalam bahasa Tamil. Bangunan berbentuk menara candi terdiri dari dua lantai. Lantai 1 untuk aula dan ruang ibadah dan terdapat 14 jendela yang menceritakan jalan salib sedangkan lantai 2 merupakan tempat patung Annai Velangkanni dan putranya yang memiliki tinggi mencapai 2 meter.

Bangunan patung ini bukanlah sembarang patung lantaran patung ini didatangkan langsung dari India. Tempat ibadah ini mempunyai 3 kubah yang melambangkan ketuhanan Trinitas yaitu Allah, Yesus, Roh Kudus. Terdapat menara 7 jenjang yang berarti 7 tingkatan surga. Dilengkapi juga dengan kapel dan asrama. Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi dan melihat setiap sudut bangunan, Anda bisa langsung datang ke tempat ini. Akses jalan ke graha ini pun cukup mudah dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Lokasi Graha Santa Maria Annai Velangkanni berada di Taman Sakura Indah, Jalan Bunga Sakura III No.10 Kel.Tanjung Selamat Kec.Medan Tuntungan, Sumatera Utara, Indonesia. Sampai di Graha Santa Maria Annai Velangkanni, Anda tidak akan dipungut biaya untuk parkir dan memasuki tempat tersebut alias Gratis. Bagi Anda yang beragama katolik, Anda bisa beribadah dan berdoa di tempat ini, dan bagi agama lain, Anda bisa sekedar melihat keunikan-keunikan yang ada di tempat ini, karena tempat ini dibuka untuk umum.

Graha Santa Maria Annai Velangkanni semakin cantik dengan kebersihan bangunannya yang begitu terjaga. Selain itu terdapat sejumlah taman yang semakin memperindah pemandangan di sekitar Graha Santa Maria Annai Velangkanni. Ada taman untuk anak-anak dan juga taman yang menjadi tempat peringatan Paus Yohanes Paulus II. Tertarik untuk berkunjung? Bukan hal yang sulit kok, karena lokasi gereja ini cukup strategis dan mudah dijangkau dengan banyak kendaraan umum.

Source https://mahasiswarajinblog.wordpress.com https://mahasiswarajinblog.wordpress.com/2017/08/25/wisata-religi-graha-santa-maria-annai-velangkanni/
Comments
Loading...