Wisata Religi Goa Maria Air Sanih atau Gomas

0 29

Goa Maria Air Sanih atau Gomas

Goa Maria Air Sanih atau Gomas, menjadi tujuan ziarah dan rekreasi atau wisata rohani bagi warga Katolik yang ada di Bali dan juga bagi wisatawan yang kebetulan liburan ke pulau Bali. Alamat atau lokasi dari Gomas ini di dusun Yeh Sanih (Air Sanih) desa Bukti, Kec. Kubutambahan, Kabupaten Buleleng. Berada di kawasan wisata Bali Utara. Jarak dari Denpasar sekitar 92 km melalui jalur wisata Sangeh dan Pelaga butuh sekitar 3 jam berkendara. Sedangkan jarak dari pantai Lovina yang merupakan salah satu objek wisata populer di Buleleng sekitar sekitar 20 km.

   

Dusun Yeh Sanih sendiri terkenal karena kolam pemandian air tawar yang terletak di pinggir pantai, sehingga menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup populer di kawasan Bali Utara. Mata air alam yang menjadi sumber dari kolam renang pemandian di Yeh Sanih memiliki debit air yang besar, mengalir membentuk sungai langsung ke laut. Pada saat akhir pekan apalagi liburan hari raya pemandian Air Sanih Buleleng ini selalu ramai pengunjung.

Dalam umat Katolik Gua Maria adalah pusat untuk melakukan ziarah dan devosi kepada Bunda Maria, dengan menapaki jalan salib suci memperingati kisah sengsara Yesus Kristus, meninggalkan jalan yang tidak benar dan menempuh jalan yang dituntun oleh Tuhan. Selain Goa Maria Air Sanih, di Bali ada sejumlah Goa Maria yang menjadi tujuan wisata populer untuk ziarah seperti Goa Maria Palasari dan Gumrih di Kabupaten Negara, Goa Maria Selabih, Bunda Karmel Bedugul dan Panganggahan di Kabupaten Tabanan.

Hadirnya sejumlah tempat ziarah bagi umat Katolik di Bali ini menjadi pilihan yang ideal bagi mereka yang ingin menyusun acara tour dikemas juga dengan wisata rohani. Wisata ziarah menjadi sebuah trends baru sekarang ini, permintaan akan paket wisata perjalanan rohani tersebut cukup meningkat, itulah sebabnya kami mengemas perjalanan paket wisata tour Gua Maria di Bali termasuk juga jika berencana ke Goa Maria Air Sanih.

Tempat wisata ziarah Katolik di Buleleng ini digagas oleh Romo Willy M. Batuah CDD, niat terpendam untuk mewujudkan impiannya membangun tempat ziarah akhirnya perlahan mulai terwujud ketika bisa membeli lahan seluas 3 hektar pada tahun 1991. Semuanya butuh proses mulai dari mengenal lingkungan, masyarakat dan termasuk budaya setempat, apalagi di kawasan ini dan Bali pada umumnya adalah di dominasi warga Hindu.

Source http://www.balitoursclub.net http://www.balitoursclub.net/goa-maria-air-sanih/
Comments
Loading...