Warning: unlink(/tmp/d620d2e1fed11ddf30383e95ad5ba89a-mHc62N.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Wisata Religi Gereja Sion di Jakarta

Gereja Sion tampak gagah dengan ekterior yang masih asli. Gereja ini berdekatan dengan stasiun Kota Jakarta.
0 149

Gereja Sion

Gereja Sion merupakan gereja Portugis tertua yang ada di Jakarta. Peresmiannya, menurut sejarah, adalah pada tahun 1695. Bangunan ini merupakan salah satu bangunan tua di Jakarta yang peruntukannya masih tetap sama dari penggunaan awalnya. Gereja Sion sendiri sudah termasuk ke dalam cagar budaya berdasarkan SK Gubernur DKI Jakarta tahun 1972.

Nama asli dari gereja ini adalah Portugese Buitenkerk yang berarti gereja portugis di luar tembok kota. Bangunan ibadah umat protestan ini berada di Jalan Pangeran Jayakarta No. 1, Jakarta Barat. Jaraknya hanya sekitar 200 meter dari Stasiun Jakarta Kota dan menghadap ke arah Jalan Raya Mangga Dua. Nama gereja diambil dari kata Zion yang berarti kesucian di dalam hati.

Gereja Sion dibangun di atas 10.000 balok kayu bundar sebagai landasan. Perancang bangunannya bernama E. Ewout Verhagen dari Rotterdam, Belanda. Gereja dengan bentuk kotak dengan ukuran 24 x 32 meter ini mampu menampung hingga 1.000 jemaat. Di dalam gereja terdapat mimbar bergaya barok dan orgel atau organ seruling yang masih terawat dengan baik.

Source https://www.traveloka.com https://www.traveloka.com/activities/indonesia/city/west-jakarta-103066
Comments
Loading...