Wisata Puncak Gunung Sepikul Trenggalek

0 448
Lokasi Puncak Gunung Sepikul Trenggalek

Salah satu obyek wisata alam di Kabupaten Trenggalek yang mungkin belum banyak diketahui oleh para wisatawan adalah Wisata Puncak Gunung Sepikul. Lokasi obyek wisata ini berada di Desa Watuagung Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Obyek wisata tersebut memiliki tebing  yang sangat tinggi serta memiliki potensi untuk mengembangkan bakat khususnya olahraga panjat tebing.

Nama dari Puncak Sepikul diambil dari bahasa jawa yang memiliki arti Satu Pikulan. Tebing yang dimiliki Puncak Sepikul ini menjulang ke atas seperti berbentuk tower yang terbagi menjadi tiga bagian yang bersebelahan. Dari dua bagian berbentuk tower tersebut saling berhimpitan yang dikenal dengan Gunung Sikambe. Pada bagian yang satunya berda di sebelah barat dikenal dengan nama Gunung Suwur. Ketinggian tebing dari Puncak Gunung Sepikul ini sekitar ± 400 meter di atas permukaan laut. Para pengunjung yang berkunjung di lokasi tersebut dapat memetik buah durian yang berada di sekitar  jalur utama yang di lalui.

Keindahan Puncak Gunung Sepikul Trenggalek

Lokasi Puncak Gunung Sepikul ini sangat ideal untuk melakukan Panjat Tebing. Di lokasi tersebut sering kali digunakan sebagai arena latih Pemanjat Tebing dari Mahasiswa Pecinta Alam ataupun Club Pecinta Alam dari luar negeri. Selain itu lokasi tersebut juga sering digunakan untuk latihan para prajurit TNI. Menurut cerita masyarakat sekitar, Gunung Suwur tersebut pada zaman dahulu tidak bisa untuk didaki kecuali menggunakan tali serta harus mebuka jalur panjatan. Namun saat ini  Puncak Gunung Sepikul tersebut sudah mulai banyak didaki para penghobi pendakian.

Bagi para pendaki yang masih pemula dibutuhkan kehati – hatian yang ekstra, karena tebing yang dimiliki Puncak Gunung Sepikul tersebut sangatlah curam. Selain itu di sekitar lokasi tersebut banyak ditumbuhi rerumputan yang sangat tinggi yang menyebabkan jalur yang dilalui sangat sulit. Jika tidak berhati – hati kaki akan mudah terpersok kedalam lintasan ilalang tersebut. Sedang untuk berpegangan hanya mengandalkan rumput di tebing serta akar – akar yang kokoh di sekitar lokasi.

alur menuju lokasi wisata Puncak Gunung Sepikul dari Kabupaten Trenggalek menuju kearah timur, sampai di perempatan Kecamatan Durenan mengambil arah ke selatan sampai ke wisata Gua Lowo atau Desa Watuagung lokasi tersebut paling dekat dengan Puncak tebing Gunung Sepikul. Sedangkan jika pengunjung yang dari arah Kabupaten Tulungagung ambil arah menuju Kabupaten Trenggalek sampai menemukan perempatan Kecamatan Durenan mengambil arah ke selatan sampai ke wisata Gua Lowo atau Desa Watuagung.

Source Wisata Puncak Gunung Sepikul Trenggalek Kacamata Wisata
Comments
Loading...