Wisata Perbukitan Putuk Lesung di Pasuruan

0 195

Putuk Lesung 

Putuk Lesung merupakan salah sat destinasi wisata perbukitan yang berada di lereng Gunung Arjuno Tepatnya di Tambak Sari, Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur 67162, yang mempunyai keelokan alam yang luar biasa. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 1500 Mdpl. Putuk Lesung berasal dari kata “putuk” yang berarti bukit dan “lesung” berarti alat penumbuk padi, karena di bukit ini terdapat sebuah situs purbakala berupa batu yang berbentuk seperti lesung.

Tempat ini merupakan pilihan yang tepat bagi kalian yang bingung untuk mengisi akhir pekan, karena selain jarak tempuhnya yang relatif cepat, tempat ini juga menyuguhkan keindaahan 360 derajat mata memanang. Disisi depan pemandangan kota dari atas, disisi belakang dapat dilihat gagahnya puncak Arjuno dan disisi kiri kanan terdapat bukit- bukit yang berdampingan. Untuk menuju tempat ini sama dengan jalur pendakian Gunung Arjuno via Purwosari, percabangannya ada di pos 2.

Rute Putuk Lesung

Untuk menuju basecamp Purwosari apabila dari arah Malang kita melakukan perjalanan menuju arah Purwosari. Sampai di pertigaan Pegadaian Purwosari kita belok kiri mengikuti jalan sampai bertemu dengan pertigaan T kita ambil jalur kanan mengikuti jalan sampai kita menemukan sebuah rumah kiri jalan yang bertuliskan perizinan pendakian. Di pos perizinan ini kita mengisi buku tamu dan membayar Rp xxx. Disini juga menjual aksesoris berupa gantung kunci dan stiker untuk oleh- oleh.

Perjalanan dari basecamp sampai puncak bukit dapat ditempuh selama 3 jam. Dari basecamp ke pos 1 dapat ditempuh sekitar 1,5 jam dengan trek yang masih landai. Pos 1 diberi nama pos Goa Ontoboego. Selanjutnya menempuh 1 jam perjalanan sampai di pos 2 atau yang disebut pos Tampuwono. Di pos ini terdapat warung kiri jalan yang menjual berbagai macam makanan dan perbekalan untuk ritual, karena sebenarnya di jalur ini merupakan jalur untuk spiritual ataupun ritual kejawen. Dari pos 2 ini apabila akan ke putuk lesung kita mengambil arah kanan, dan apabila akan ke pendakian Arjuno ambil lurus. Setelah setengah jam perjalanan sampai di Puncak Bukit Putuk Lesung.

Source http://nantanglangit.blogspot.co.id http://nantanglangit.blogspot.co.id/2016/02/catatan-perjalanan-putuk-lesung.html
Comments
Loading...