Wisata Pemandian Air Hangat Candi Umbul Magelang

0 230

Pemandian Candi Umbul

Pemandian Candi Umbul merupakan salah satu peninggalan purbakala sekaligus pemandian air hangat di kabupaten Magelang. Keberadaannya menjadi salah satu daya tarik wisata utama di daerah Grabag bersanding dengan Air Terjun Sekar Langit dan Telaga Bleder. Saat ini kolam pemandian air hangat tersebut masih diperbolehkan untuk kegiatan berenang, berendam, dan mandi untuk umum atau masyarakat luas.

Sejarah Pemandian Candi Umbul

Candi Umbul adalah situs purbakala peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Candi ini bercorak agama Hindu. Hal ini dilihat dari batuan yang ditemukan berbentuk Lingga dan Yoni. Diduga candi ini dibangun pada masa Dinasti Sanjaya. Nama Candi Umbul sendiri berasal dari gelembung air dari mata air yang muncul ke permukaan yang dalam bahasa jawa disebut mumbul. Nah, dari kata inilah kemungkinan nama Candi Umbul berasal.

Harga Tiket Masuk Candi Umbul

Harga tiket masuk pemandian air panas Candi Umbul sangat terjangkau. Yaitu dewasa sebesar Rp. 7000,- dan anak sebesar Rp. 6000,-. Parkir motor Rp. 2000 dan mobil Rp. 5000. Itu harga hari Minggu dan hari libur ya, kalau selain hari minggu sepertinya lebih murah. Murah bukan? Kapan-kapan kalau ke Magelang jangan lupa kunjungi tempat wisata yang satu ini ya!

Lokasi Candi Umbul

Candi Umbul terletak di Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Lokasinya bisa dibilang pelosok karena jarak dengan jalan utama cukup jauh, yaitu sekitar 4 Km. Meskipun begitu, cara menemukan lokasi Candi Umbul cukup mudah, terutama bila menggunakan kendaraan pribadi.

Ada dua opsi rute menuju pemandian air panas Candi Umbul ini. Opsi pertama, dari arah Jogja ambil arah Semarang. Sesampainya di Secang (Magelang utara) masih lurus sampai ada jalan aspal ke kanan (pertigaan Krincing). Ambil arah kanan tersebut sampai memasuki Grabag. Di depan MTsN Grabag anda akan melihat penunjuk arah menuju Candi Umbul. Opsi kedua, dari pertigaan Krincing pada opsi pertama, lurus terus ke arah Semarang. Beberapa ratus meter ada penunjuk arah ke kanan menuju lokasi wisata Candi Umbul. Tetapi rute yang kedua ini saya belum pernah mencobanya.

Source wisata teamtouring.net
Comments
Loading...