Wisata Patung Arjuna Wijaya Boyolali Jawa Tengah

0 442

Patung Arjuna Wijaya

Patung Arjuna Wijaya yang berada di jantung Kota Boyolali, tepatnya di tengah simpang lima, menjadi salah satu ikon yang cukup menyedot perhatian masyarakat, baik warga Boyolali maupun masyarakat luar kota yang tengah melintas Boyolali. Monumen Arjuna Wijaya tersebut menggambarkan tokoh pewayangan Arjuna yang tengah mengendarai kereta kuda dan ditarik 13 ekor kuda. Keseluruhan patung tersebut dibuat dengan bahan dari perunggu dan  waktu sekitar enam bulan untuk proses pembuatannya. Sejak dipasang pada tahun 2015, patung Arjuna Wijaya yang menggambarkan langkah Boyolali menuju kejayaan itu, sampai saat ini terus menyedot perhatian dan menjadi kebanggaan masyarakat kota boyolali. Keberadaannya tepat di jantung kota, dan di jalur perlintasan utama Solo-Semarang. Sehinggan, banyak pengendara luar kota yang tengah melintas, berhenti dan meluangkan waktu untuk sekedar mengabadikannya dan juga beristirahat sembari melihat Monumen Patung Ini.

Lokasi Patung Arjuna Wijaya

Patung Arjuna Wijaya berada di Jl. Pandanaran, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia (Taman Siaga, Simpang Lima).

Fasilitas Patung Arjuna Wijaya

Tepat di bawah monumen Arjuna Wijaya, terdapat Gedung Siaga yang dimanfaatkan menjadi Perpustakaan Daerah. Ke depan, kawasan simpang lima akan terus dikembangkan menjadi salah satu ruang publik andalan Boyolali. Salah satu rencana pengembangan yakni pembangunan area kuliner, area parkir, yang direncanakan di bangun di sekitar Taman Sono Kridanggo. Nantinya direncanakan, area parkir dengan Gedung Siaga tempat monumen Arjuna Wijaya akan dihubungkan dengan jembatan penghubung. Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Energi Sumber Daya Mineral, M Qodri, pengembangan kawasan simpang lima tersebut merupakan rencana jangka panjang dan tidak seluruhnya selesai dibangun di 2016. Pengembangan kawasan akan melibatkan berbagai instansi terkait lainnya.

Aktifitas di Lokasi

Duduk-duduk santai bersama teman atau keluarga di tepi jalan sekitar patung. Memandangi keindahan lanskap kota, hiruk pikuk aktivitas masyarakat kota, serta megahnya Patung Arjuna Wijaya, spotnya yang photo-able dan instagram-able banget, sering dijadikan spot foto atau selfieterutama para anak muda dan tidak kalah keluarga pun juga ada.

Dianjurkan datang pada sore hari ataupun malam hari, karena lebih teduh, dan daerah sekitar patung masih belum ada pohon yang bisa digunakan untuk berteduh. Aktivitas disini lebih hidup pada waktu sore hari sampai malam hari. Bila haus & lapar menyerang, ada beberapa kedai/ warung makan di sekitar dan pedagang kaki lima yang berderet-deret di sekitar patung.

Source wisata boyolali
Comments
Loading...