Wisata Parasejarah Situs Gunung Padang Cianjur Jawa Barat

0 150

Gunung Padang

Situs Gunung Padang merupakan salah satu wisata situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat. Tepatnya berada di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Lokasi dapat dicapai 20 kilometer dari persimpangan kota kecamatan Warungkondang, dijalan antara Kota Kabupaten Cianjur dan Sukabumi.

Situs Gunung Padang memiliki luas 900 meter persegi pada bagian permukaan yang menjadi kompleks utama situs ini. Sebagian besar berupa batu-batuan vulkanik alami berbentuk persegi dan tersusun bertingkat-tingkat yang disebut dengan “Punden Berundak”. Gunung Padang juga merupakan situs Megalitikum dengan Punden Berundak yang terbesar di Asia Tenggara dan tidak menutup kemungkinan juga menjadi yang terbesar di Dunia. Hebatnya situs prasejarah fenomenal ini cuma ada satu, di Indonesia.

 

Situs Gunung Padang sendiri diperkirakan berfungsi sebagai tempat pemujaan bagi masyarakat yang bermukim di sana pada sekitar 2 ribu tahun SM. Berdasarkan hasil penelitian Rolan Mauludy dan Hokky Situngkir, menunjukkan adanya kemunkinan terlibatnya musik dalam batu balok yang tersebar di sana pada periode peninggalan megalitikum. Oleh warga setempat, situs Gunung Padang awalnya dikeramatkan dan dianggap sebagai tempat Prabu Siliwangi membangun istana. Namun belakangan, keyakinan itu berubah. Sebab, berdasarkan penelitian, situs tersebut merupakan.

Peninggalan kebudayaan megalitikum. Dan pada pada 1979, warga setempat mulai menaruh perhatian. Terungkap bahwa ada banyak hal penting di Gunung Padang. Mulai ‘alat musik’ dari batu hingga teras siring sebagai tanda teknologi maju. Meski diteliti dari beragam sisi dan oleh berbagai kalangan, Gunung Padang masih menjadi misteri. Misalnya terkait dengan usia. Konon, situs tersebut lebih tua dibanding piramida di Mesir, yang ada sejak 2.500 SM. Kemudian juga soal ruang di ‘perut’ Gunung Padang yang disebut-sebut buatan tangan manusia.

Source Jalan Wisata Detitravel
Comments
Loading...