Wisata Pantai Ngulungwetan Trenggalek Jawa Timur

0 141
Wisata Pantai Ngulungwetan Trenggalek Jawa Timur

Secara Administrasi dan letak pantai Ngulungwetan ini berada di desa Ngulungwetan Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek. Untuk saat ini (saat terakhir saya berkunjung) belum banyak wisatawan yang datang berkunjung ke desa ini dan terutama ke pantai ini. Karena apabila anda memang hendak merencanakan wisata ke tempat ini jalan yang anda tempuh akan terasa ringan sampai di Kecamatan Munjungan saja, dan sedangkan kalau anda hendak ke desa Ngulungwetan bersiap-siap saja menikmati jalanan yang berbatu dan berlubang dimana-mana. Mungkin ini salah satu alasan banyak wisatawan tidak mau berkunjung ke daerah ini, karena selain jarak yang begitu jauh, medan yang dilalui begitu berat.

Pantai ini berada di Desa Ngulungwetan, Desa ini sendiri  berada di Arah selatan  66 km dari kota Trenggalek, 150 km dari Tulungagung, 250 km dari Surabaya. Luas obyek 9 ha dengan panjang pantai 800 meter.

Pantai Ngulungwetan masih merupakan pantai alami yang belum ada banyak aktivitas, sepanjang jalan pantai berupa tanaman kelapa dan hutan campuran, berpasir putih. Kegiatan wisata yang dilaksanakan adalah menikmati panorama laut bebas yang indah, bermain air, berenang, berjemur dan menyaksikan matahari tenggelam (sunset).

Akses Menuju Lokasi

Pantai Ngulungwetan bisa diakses melalui Munjungan lewat jalur jalan (Trenggalek – Kampak – Munjungan) dengan kondisi jalan pegunungan naik turun berkelok-kelok, banyak belokan tajam. Dari Munjungan menempuh jarak 28km kearah barat melalui jalur jalan Munjungan – Panggul dengan kondisi jalan makadam.

Dan Kalau anda dari Pantai Damas atau Pantai Prigi, Karanggongso lebih baik melalui kota Trenggalek saja. memang ada jalan pintas menuju Kecamatan Munjungan, tetapi jalan tersebut memiliki medan yang berat dan lebih layak untuk kendaraan roda dua dan pengendara roda dua harus memiliki jam terbang dan kemampuan yang lebih apabila hendak melaui jalan ini.

Catatan

Pantai ini memiliki arus yang kecil tidak seperti beberapa pantai di daerah Pacitan maupun Gunungkidul yang terkenal dengan arus besarnya. Justru disini para pengunjung di manjakan dengan arus yang kecil dan dari segi keamanan kita dapat berenang dengan nyaman dan apalagi disepanjang pantai ini ada ratusan pohon kelapa yang tumbuh layaknya di pesisir pantai Hawai.

Kalau memang anda hendak melakukan wisata ke pantai ini, yakinkan diri anda bahwa anda bisa dan mampu mencapai pantai ini. Siapkan diri anda karena untuk menuju tempat ini membutuhkan ekstra tenaga dan waktu.

Source Wisata Pantai Ngulungwetan Trenggalek Jawa Timur Daltonnet
Comments
Loading...