Wisata Pantai Boom Tuban yang Indah dan Mempesona

0 196

Pantai Boom Tuban

Pantai Boom merupakan salah satu wisata bahari yang memiliki semacam break water atau semenanjung buatan yang panjangnya sekitar 1000 meter. Di sebelah kanan kiri semenanjung buatan pantai Boom, dipergunakan sebagai tempat sandaran perahu oleh nelayan tradisional dari warga setempat. Pantai Boom Tuban memiliki gelombang yang relatif kecil seperti umumnya pantai utara pulau jawa lainnya.

Kondisi Pantai Boom juga sangat landai, sehingga sangat memungkinkan untuk berwisata bahari. Di sekitar pantai, anda akan menjumpai sebuah jalan yang menjorok ke laut yang biasanya digunakan oleh pengunjung untuk bersantai dan menikmati pemandangan laut. Di kawasan pantai ini juga terdapat beberapa gazebo sebagai tempat untuk melihat pemandangan matahari terbit ataupun terbenam.

Lokasi Pantai Boom

Jika anda ingin datang berwisata ke Pantai Boom, maka bisa menuju ke alamatnya yaitu di Semenanjung Boom, Kutorejo, Kec. Tuban, Jawa Timur.

Harga Tiket Masuk Pantai Boom

Di Pantai Boom, pengunujung dapat menikmati pemandangan sunrise dan sunset, memancing, berkeliling pantai dengan menyewa perahu nelayan, berjalan-jalan, bersantai di gazebo, dan fasilitas lainnya. Untuk bisa menikmati keindahan dan fasilitas yang ada di Pantai Boom, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 2.500 per orang.

Sejarah Pantai Boom Tuban

Saat anda sudah datang ke Pantai Boom Tuban, anda akan melihat gerbang pintu masuk pantai yang memiliki bentuk seperti layar perahu dan menjumpai hamparan taman. Di sisi kanan dan kiri taman bagian depan ini ada dua bangunan berbentuk pendapa dengan prasastinya yang berada di dinding Bangunan. Prasasti tersebut mengisahkan tentang sejarah Pantai Boom Tuban di Masa Lampau yang berperan penting sebagai jalur pelayaran niaga dan juga pelabuhan pada masa kerajaan Airlangga, Singasari, Majapahit dan awal masa penyiaran agama Islam di Tanah Jawa.

Dahulunya, Pantai Boom adalah sebuah pelabuhan kuno di masa kejayaan Kerajaan Majapahit. Pelabuhan ini dulu juga merupakan tempat singgah bagi para pedagang dan saudagar antar daerah dan negara. Tetapi, seiring berkembangnya zaman, pantai Boom ini sudah berubah menjadi tempat wisata yang begitu indah.

Source http://www.tempatwisatajos.com http://www.tempatwisatajos.com/2016/04/wisata-pantai-boom-tuban-yang-indah.html
Comments
Loading...