Wisata Panorama Goa Lalay Goa Berselimut Kelelawar di Sukabumi

0 200

Goa Lalay

Goa Lalay merupakan salah satu destinasi yang ada di Sawarna, untuk masuk ke goa ini kamu harus melewati tangga dengan kemiringan 45 derajat dan memiliki struktur yang tidak rata, harus ekstra hati – hati agar tidak jatuh. Goa Lalay memiliki kedalam lebih dari 1000 meter, tapi kamu tidak bisa masuk hingga kedalam tersebut, untuk wisatawan hanya disarankan sampai kedalam 200-400 meter. Goa ini termasuk unik, karena hampir semua dasarnya terendam air setinggi betis orang dewasa.

Rute Menuju Goa Lalay

Lokasinya sendiri terletak di Kampung Cipanas di Desa Sawarma Kecamatan Bayah, Lebak, Banten, Sukabumi, Jawa Barat. Untuk sampai ke wisata Goa Lalay Banten, Anda bisa memilih salah satu dari dua rute yang ada.  Pertama ialah rute yang memakan waktu sekitar 5 jam dari Jakarta. Dalam rute ini Anda menuju ke Tangerang kemudian Rangkasbitung, Malimping hingga sampai ke Bayah.  Sedangkan rute yang kedua ialah dari Jakarta ke Pelabuhan Ratu baru ke Bayah. Tapi, Anda harus berada di perjalanan selama 8 jam untuk rute kedua ini.  Kemudian, jika Anda telah sampai di kawasan Pantai Sawarna, Anda bisa lanjutkan perjalanan ke Goa Lalay ini dengan jalan kaki.

Keindahan Goa Lalay

Memang, karena belum adanya akses yang baik harus membuat Anda bekerja keras untuk sampai ke goa dan menikmati keindahannya. Jalan yang terjal tidak jarang harus Anda lewati. Belum adanya perhatian yang serius terhadap lokasi wisata tersebut tersebut tentu sangat disayangkan.  Selanjutnya, mengenai biaya yang harus Anda keluarkan ketika Anda berkunjung ke Goa Lalay Banten ini tidaklah terlalu mahal. Anda hanya perlu untuk membayar parkir kendaraan Anda dan tiket masuk Pantai Sawarma sekitar 5 ribu rupiah saja. Tapi, karena belum terlalu banyak fasilitas yang tersedia di lokasi tersebut, Anda harus membawa bekal makanan serta minuman yang cukup.

Saran Berlibur ke Goa Lalay

Karena dasar goa ini tidak datar maka di sarankan untuk berhati – hati ketika berjalan menyusuri goa ini, kamu juga harus memperhatikan batuan di atas kepala kamu. Disarankan untuk menggunakan helm dan sepatu untuk menjaga keselamatan selama menjelajahi goa ini. Dan senter, merupakan benda yang sangat penting untuk dibawa, tanpa senter kamu tidak akan bisa melihat keindahan bantuan stalaktit dan stalakmit dengan sempurna. Untuk kamu yang tidak membawa peralatan di atas jangan khawatir, di pos masuk goa ini ada tempat penyewaan peralatan untuk keselamatan di dalam goa. Dan yang menarik lainnya dari Goa Lalay adalah proses untuk sampai ke goa ini kamu kamu harus melewati pesawahan warga, pinggiran sungai dan jembatan gantung.

Source wisata 1001malam
Comments
Loading...