Wisata Ngalau Tarang Kamang Mudiak, Kota Agam

0 9

Ngalau Tarang Kamang Mudiak merupakan salah satu objek wisata alam Sumatera Barat yang memiliki potensi untuk menarik wisatawan adalah Ngalau Tarang, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam. Ngalau dalam bahasa Minangkabau berarti gua, sedangkan Tarang sama artinya dengan terang, karena ketika cuaca cerah, di dalam gua ini cahaya matahari banyak masuk menerangi ruangan dan lorong-lorong gua. Ngalau Tarang merupakan gua batuan kapur sehingga membuat gua ini semakin terang ketika ditimpa cahaya matahari, inilah keunikan Ngalau Kamang dibanding gua lain. Menjelajah ke dalam gua ini, maka akan didapatkan ketinggian gua bervariasi, hingga ada yang mencapai 20 m.  

Ngalau Kamang seperti halnya gua-gua pada umumnya mempunyai stalagmit dan stalagtit beraneka ragam bentuk dan ukuran, sehingga akan membuat kita sedikit terpesona melihatnya. Batu alam ini seperti bergelantungan dengan berbagai bentuk. Namun, Ngalau Tarang ini tidaklah panjang seperti kebanyakan gua-gua lain. Ngalau ini juga tidak terlalu luas sehingga mudah dijelajahi. Di bagian depan Ngalau Tarang terdapat sebuah batu besar yang dipisahkan oleh sungai kecil berair jernih.

Akomodasi menuju gua cukup mudah, karena hanya berjarak sekitar 20 km dari Kota Bukittinggi. Kendaraan umum berupa angkot pun sudah ada yang melewati daerah ini. Namun sayangnya fasilitas-fasilitas penunjang bagi wisatawan di sekitar gua ini belum representatif, misalnya tempat makan, toilet umum, penginapan ataupun warung oleh-oleh. Akses jalan pun kurang layak, yakni jalan setapak yang merupakan pematang sawah warga sekitar.

Fasilitas yang ada hanya berupa papan petunjuk sederhana. Jika fasilitas-fasilitas pendukung di atas tersedia kemungkinan tempat ini semakin ramai dikunjungi wisatawan. Selain itu, di sekitar daerah Ngalau Tarang juga terdapat objek wisata lain, yakni makam pahlawan Perang Paderi, Tuanku Nan Renceh, dan juga objek wisata alam Danau Tarusan Kamang. Itulah sedikit penjelasan mengenai objek wisata Ngalau Tarang di Kamang Mudiak.

Source https://aet.co.id https://aet.co.id/pariwisata/ngalau-tarang-kamang-mudiak-wisata-alam-yang-jarang-terekspos
Comments
Loading...