Wisata Museum Zoologi, Bogor Jawa Barat

0 148

Museum Zoologi

Kebun Raya Bogor menjadi salah satu trademark tempat rekreasi keluar di Kota Hujan. Tidak saja karena sejarahnya tetapi juga lokasinya yang sangat strategis persis di tengah Kota Bogor, Jawa Barat. Berkunjung ke Kebun Raya Bogor tidak hanya sekedar melihat koleksi tanaman yang beraneka ragam, tetapi juga masih banyak atraksi menarik lainnya. Salah satunya Museum Zoologi Kebun Raya Bogor merupakan salah satu wisata museum yang berada di Bogor.

Koleksi Museum Zoologi 

Museum yang khusus dibangun untuk menyimpan koleksi beragam satwa yang ada di Indonesia. Tercatat puluhan satwa bisa disaksikan di Museum Zoologi. Tapi harus diingat, ini museum bukan kebun binatang, jadi semua satwa disini sudah diawetkan atau dibuat replika sesuai bentuk aslinya. Beragam spesies bisa dilihat di dalam masing-masing aquarium. Mulai dari aneka burung, Mamalia, Hewan Laut, Sampai Tulang Paus raksasa yang berada di ruang tersendiri.

Selain memiliki berbagai koleksi tanaman dan suasananya yang natural, Kebun Raya Bogor juga memiliki museum fauna, di dalamnya terdapat beberapa kerangka dan jenis binatang yang diawetkan, diantaranya :  burung, kepiting, serangga, ikan, dan lain sebagainya, Salahsatunya adalah hewan mamalia terbesar di dunia yaitu Paus biru.

Pendirian Museum Zoologi 

Museum ini didirikan pada tahun 1894 yang digagasi oleh J. C. Koningsberger yaitu ahli Botani berkebangsaan Jerman yang merupakan salahsatu tokoh perintis dan pengembang Kebun Raya Bogor pada masanya.  J. C. Koningsberger mengumpulkan beberapa koleksi museum sebagian besar berasal dari negara Indonesia, dan sisanya berasal dari beberapa negara di dunia, salahsatunya yaitu jenis kepiting berukuran besar yang berasal dari negara Jepang.

Untuk bisa sampai ke museum zoologi, pengunjung bisa menggunakan jalan yang berada di antara gedung Treub laboratorium dan guest house Nusa indah, karena letaknya berada di belakang area kedua gedung tersebut.

Harga Tiket Masuk Museum Zoologi

Kalau berencana mengunjungi Museum Zoologi Kebun Raya Bogor, tidak perlu membayar lagi. Karena harga tiket masuk Kebun Raya Bogor sudah termasuk menikmati beragam satwa di Museum Zoologi Bogor. Sedangkan harga tiket masuk Kebun Raya bisa dibeli dengan harga Rp 15.000 per orang, berikut daftar harga tiket masuk Kebun Raya Bogor : Domestik : Rp 15.000, Mancanegara (Asing) : Rp 26.000, Parkir Motor : Rp 5000, dan Parkir Sepeda Rp 5000.

Source wisata travelpromo
Comments
Loading...