Wisata Museum Uang di Purbalingga Jawa Tengah

0 80

Museum Uang Purbalingga

Museum Uang Purbalingga merupakan salah satu tempat wisata Museum  yang ada di Purbalingga. Dan sebuah museum sejarah dan edukasi tentang uang yang ada di seluruh Dunia. Berbagai jenis uang juga menjadi cerminan perkembangan peradaban dari bangsa. Dengan membaca perkembangan mata uang, kita akan bisa menceritakan bagaimana kondisi sebuah bangsa dan seluruh perjalanan peradabannya.

Perjalanan sejarah Indonesia pun dapat dilihat pada uang. Bagaimana cara kita untuk belajar tentang uang secara lengkap. Banyak museum uang yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah Museum Uang Purbalingga. Sehingga kini, kita dapat mempelajari sejarah itu di sebuah gedung yang asri di tengah taman buah Kutasari, Purbalingga.

Lokasi Museum Uang Purbalingga

Museum Uang Purbalingga berlokasi di Jalan Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tenga, Indonesia.

Sejarah Museum Uang Purbalingga

Ide pendirian Koleksi Museum Uang Purbalingga adalah sumbangan dari keluarga Triyono Budi Sasongko, beliau juga Bupati Purbalingga dua periode pada tahun 2000 sampai tahun 2005. Dan 2005 – 2010. Triyono mengaku mendapat dukungan penuh dari Bank Indonesia untuk mendirikan sebuah museum ini. Sejumlah pejabat Bank Indonesia baik dari pusat, maupun dari Purwokerto secara bertahap mengunjunginya sebelum museum resmi dibuka pada 18 Desember 2008.

Koleksi di Museum Uang Purbalingga

Ribuan koleksi mata uang di tempat ini. Tersimpan pula mata uang di jaman kerajaan Majapahit, Banten, Bali, uang jaman Kerajaan Hindu Budha periode tahun 800/850 sampai 1300 Masehi. Dan juga mata uang yang beredar di sebuah perkebunan yang kemudian disebut Uang Perkebunan. Di museum juga tersimpan mata uang semasa pemerintahan Soekarno (1945 – 1967), Soeharto (1967 – 1998), BJ Habibie (1998 – 1999), Abdurachman Wahid (1999 – 2001), Megawati Soekarnoputri (2001 – 2004), dan Susilo Bambang Yudhoyono (2004 – 2009).

Koleksi lainnya, ada mata uang negara-negara di dunia terhitung ada 183 negara. Perangko Indonesia sejak tahun 1951 hingga sekarang. Perangko-perangko dunia, bendera negara-negara dunia, alat perkantoran kuno, alat komunikasi tempo dulu, miniatur perahu layar jaman Majapahit, dan perahu Pinisi Nusantara.

Source wisata linked in
Comments
Loading...