Wisata Museum Mandala Bhakti Semarang Jawa Tengah

0 181

Museum Mandala Bhakti

Museum Mandala Bhakti Semarang merupakan sebuah museum yang telah menyimpan koleksi pada masa kelam dulu. Tentu hal ini membuktikan bahwa rasa cinta kita kepada negara dan juga bangsa sangatlah kuat. Museum Mandala Bhakti telah dibangun sebagai bukti bahwa perjuangan TNI untuk merebutkan kemerdakaan dari tangan para penjajah dan juga peran serta TNI pada misi perdamaian dunia. Museum ini telah menyimpan berbagai macam koleksi, data-data, dokumentasi, benda bersejarah yang telah ditempatkan di berbagai ruangan. Pada ruangan jatmu tempat senjata dan amunisi misalnya, telah tersimpan berbagai macam senjata untuk mempertahankan dan juga keamanan Indonesia.

Sejarah Museum Mandala Bhakti

Bangunan museum dirancang oleh arsitek Belanda I. Kuhr E. dari Firma Ooiman dan van Leeuwen pada awalnya digunakan untuk Raad van Justitieatau Pengadilan Tinggi bagi golongan rakyat Eropa di Semarang. Bangunan ini diperkirakan dibangun sekitar tahun 1930. Tahun 1950-an bangunan ini digunakan oleh Kodam IV/Diponegoro sebagai Markas Besar Komando Wilayah Pertahanan II. Dan pada tahun 1985 resmi digunakan untuk musum yang menyimpan koleksi tentang data, dokumentasi, dan persenjataan TNI baik yang tradisional maupun modern.

Koleksi Museum Mandala Bhakti

Berbicara tentang koleksi yang ada di Museum ini sangatlah banyak sekali. Pada setiap koleksi berupa data, dokumentasi dan juga benda-beda bersejarah. Untuk berada yang ada mulai dari bambu runcing, rencong, keris, busur, tombak hingga senjata modern seperti pistol, senjata pelontar, senjata mesin berat dan lain-lain.

Kemudian pada ruangan Gamad (Seragam Angkatan Darat) telah dipajang berbagai pakaian sebagai bukti dari sejarah. Pakaian yang telah terpajang mulai dari goni, seragam PETA (Pembela Tanah Air), Heiho (Pasukan dari bentukan Jepan yang berisi warga Indonesia pada saat perang dunia ke II), TKR (Tentara Keamanan Rakyat), BKR (Badan Keamanan Rakyat), TNI (Tentara Nasional Indonesia), seragam tentara asing dan juga pakaian dinas dari Polisi Militer dan Kowad.

Lokasi Museum Perjuangan Mandala Bhakti

Jika anda ingin datang ke Museum Perjuangan Mandala Bhakti ini, anda bisa datang langsung ke lokasinya yang beralamat di sisi selatan bundaran Tugu Mudah atau terletak di Jalan. Sugiyopranoto No 1, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Source wisata wisatajateng.com
Comments
Loading...