Wisata Monumen Tugu Kusukabumiku Sukabumi Jawa Barat

0 396

Tugu Kusukabumiku

Monumen Tugu Kusukabumiku merupakan salah satu wisata tugu yang berada di Sukabumi, Penamaan Tugu Kusukabumiku yang baru saja diresmikan Pemerintah Kota Sukabumi, Jawa Barat dinilai meniru nama produk ekonomi kreatif untuk pembiayaan aksi sosial. Nama Kusukabumiku ini sudah saya pakai bertahun-tahun untuk merk produk ekonomi kreatif saya, seperti baju dan merchandise lainnya yang keuntungannya sebagian digunakan untuk bantuan sosial seperti memberikan wawasan lingkungan hidup kepada generasi muda,” kata Aktivis Lingkungan Hidup Sukabumi, Budiyanto di Sukabumi, Kamis. Menurutnya, entah apa yang menjadi filosofi Pemkot Sukabumi menggunakan nama Kusukabumiku untuk tugu barunya itu, padahal nama Kusukabumiku sudah dikenal khususnya di masyarakat Kota Sukabumi.

Lokasi Tugu Kusukabumiku

Tugu Kusukabumiku berada di jalan Ir. H. Juanda, Gunungparang, Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43111, Indonesia.

Keberadaan tugu Kusukabumiku di depan Balai Kota Sukabumi menuai kontroversi. Pasalnya, nama tugu tersebut merupakan salah satu merek dagang yang dikenal di kalangan komunitas pegiat lingkungan. Selain soal nama, di bawah tugu juga terdapat cetakan dua telapak kaki Wali Kota Suka bu mi, Mohamad Muraz. Peresmian tugu ini dilakukan pada Rabu lalu setelah peringatan hari kebangkitan nasional. Nama Kusukabumiku awal nya merupakan merek dagang penjualan berbagai produk ekonomi kreatif seperti kaos,” ujar aktivis lingkungan Sukabumi, Budianto kepada Republika Kamis (21/5). Pengenalan nama ini sudah dilakukan sejak tahun 2000.

Dana dari hasil penjualan produk itu kata Budi digunakan untuk kegiatan sosial khususnya gerakan penyelamatan lingkungan. Ironis nya, pemkot secara tiba-tiba menggunakan nama itu dalam sebuah tugu. Seharusnya secara etika pemkot bisa mela kukan komunikasi dan mendukung keberadaan ekonomi kreatif. Pemkot Sukabumi membantah telah menjiplak nama tersebut. “Pemakaian nama itu ber asal dari ide pegawai di lingkungan pemkot,” ujar Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz.

Source wisata inilahcom
Comments
Loading...