Wisata Monumen 45 Banjarsari Jawa Tengah

0 140

Monumen 45 Banjarsari

Monumen 45 Banjarsari merupakan sebuah monumen yang dibangun untuk memperingati peristiwa bersejarah di kota Solo, yaitu Serangan Umum Empat Hari yang terjadi pada tanggal 7-10 Agustus 1949. Monumen ini didirikan di Taman Banjarsari dimana serangan tersebut terjadi. Penggagas serangan tersebut adalah Letkol Slamet Riyadi dan rekannya Mayor Ahmadi yang kemudian diangkat menjadi pahlawan nasional. Jasa Letkol Slamet Riyadi di abadikan dalam tugu yang ada di RS Slamet Riyadi dan patung raksasa di bundaran Gladag. Sedangkan Mayor Ahmadi, jasanya dikenang lewat patung yang didirikan di Poroliman yang lokasinya tak jauh dari Monumen 45.

Lokasi  Monumen 45 Banjarsari 

Lokasi Monumen 45 Banjarsari berada di Setabelan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139, Indonesia.

Pembangunan Monumen 45 Banjarsari

Monumen 45 Banjarsari dibangun Pemkot Surakarta pada tanggal 31 Oktober 1973 manfaat kembali kenang perjuangan rakyat Solo pada momen pertempuran melawan tentara Belanda. Sesudah 3 th. pembangunan, Monumen 45 Banjarsari di resmikan oleh Gubernur Jawa Tengah (saat itu) Soepardjo Roestam pada tanggal 10 November 1976 bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Beberapa hal di tiap-tiap pojok dari Monumen 45 yang dapat dibahas. Sebelumnya lihat dari dekat Monumen 45, ada gerbang yang di bangun mirip gerbang Kraton Kasunanan. Gerbang ini yaitu pintu masuk Taman Banjarsari di mana monumen ini di bangun di tengah-tengahnya. Monumen 45 di bangun dengan patung dua pejuang, yakni Ulama Pejuang dengan membawa keris serta pejuang rakyat jelata yang membawa bambu runcing, panorama ini terlihat dari segi samping utara.

Source wisata surakarta
Comments
Loading...