Wisata Makam Sunan Bonang Rembang Jateng

0 116

Makam Sunan Bonang

Sunan Bonang dilahirkan tahun 1465 dengan nama kecil yakni Raden Maulana Makdum Ibrahim. Beliau merupakan putra Sunan Ampel dan Nyai Ageng Manila. Bonang adalah sebuah desa di kabupaten Rembang. Nama Sunan Bonang diduga adalah Bong Ang sesuai nama marga Bong seperti nama ayahnya Bong Swi Hoo alias Sunan Ampel. Makam sunan Bonang setiap tahunnya ramai dikunjungi oleh penziarah dari dalam maupun luar kota.

Lokasi Makam Sunan Bonang

Makam Sunan Bonang yang cukup aneh ini berada di Desa Bonang, Kecamatan Lasem, Rembang – Jawa Tengah.Tentu hal itu menjadi sebuah misteri dan keanehan tersendiri karena selama ini Makam Sunan Bonang identik dengan Kota Tuban karena di kota itulah terdapat kawasan wisata religi Makam Sunan Bonang yang banyak didatangi oleh para peziarah dari berbagai daerah di nusantara. Entah kenapa dan sejak kapan tempat itu diyakini sebagai makam Sunan Bonang. Sayang, saat saya berkunjung ke sana, saya tak menjumpai juru kuncinya. Yang ada adalah petugas kebersihan yang secara sepintas bercerita bahwa dulu sebelum Sunan Bonang meninggal sempat berpesan agar di lokasi makamnya kelak ditanami dengan pohon melati.

Kisah wasiat dari Sunan Bonang itu tentu juga menjadi misteri karena tanaman melati yang ada di sana juga tak tampak cukup besar dan berusia sekian ratus tahun lamanya. Tampak masih cukup muda usianya seperti tanaman yang belum lama ditanam.Begitu pula dengan tak adanya batu nisan di sana. Mungkin yang terkesan kuno hanyalah beberapa bangunan gapura yang harus dilewati sebelum menuju ke makam Sunan Bonang ini.

Ada juga sumur kuno yang dikenal dengan nama Sumur Dalem yang airnya diyakini bertuah oleh warga setempat.Tetapi tentu hal itu membutuhkan kajian arkeologi dan ilmiah untuk bisa menyatakannya sebagai peninggalan bersejarah pada masa lampau.

Lokasi makam Sunan Bonang ini berada pada lahan yang sangat luas dan berada di tengah perkampungan. Lokasinya berjarak sekitar 500 meter dari Pasujudan Sunan Bonang yang berupa batu keramat dan diyakini merupakan jejak bersujudnya Sunan Bonang. Terlepas dari misteri itu, Makam Sunan Bonang di Rembang ini juga cukup ramai didatangi oleh para peziarah. Terlebih pada acara haul Sunan Bonang yang diadakan setiap tahunnya pada hari pasaran tertentu di bulan Dzulhijah.

 

Source wisata rembang
Comments
Loading...