Wisata Makam Raden Ajeng Kartini Di Rembang Jateng

0 168

Makam Raden Ajeng Kartini 

Makam Raden Ajeng Kartini merupakan salah satu makan yang berada di Kota Rembang, Raden Ajeng Kartini wafat pada tanggal 17 September 1904, jenasah R.A Kartini dimakamkan pemakaman keluarga bupati Rembang R.M.A.A. Djojodiningrat. Makam ini terletak di Desa Bulu, Kecamatan Bulu (Mantingan), Kabupaten Rembang. Pemakaman ini terletak  sekitar 17,5 km dari kota Rembang ke arah kota Blora. Luas seluruh areal pemakaman ini adalah sekitar 10 ha. Di pemakaman ini pula dimakamkan suami R.A. Kartini R.M.A.A. Djojodiningrat dan putera beliau satu-satunya R.M. Susalit.

Lokasi Makam Raden Ajeng Kartini 

Kompleks Makam Raden Ajeng Kartini di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah akhirnya diresmikan sebagai salah satu destinasi wisata ziarah nasional. Makam Kartini terletak di Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang. Lokasi makam berada di sebuah bukit tepat di belakang kantor Kecamatan Bulu. Adapun kompleks makam berada di jalur utama Kabupaten Rembang dan Kabupaten Blora.

Usulan wisata ziarah nasional, sambung dia, melalui proses yang panjang. Pemerintah Kabupaten Rembang mengusulkan agar makam Kartini dijadikan wisata nasional. Usulan itu lalu secara resmi dikirim ke Kementerian Sosial.

Khofifah yang mendapat usulan itu mengaku langsung menyetujui usulan dari Pemkab Rembang. “Dari posisi referensi keteladanan dan pengorbanan RA Kartini, makam ini akan jadi destinasi wisata yang sangat produktif dan edukatif bagi masyarakat,” tutur Khofifah.

Sosok Kartini, sambung Khofifah, perlu diketahui secara luas oleh masyarakat karena memiliki pemikiran out of the box pada zamannya. Kartini merupakan santri dari Kiai Saleh Darat.

“Ini jarang ditulis dan diketahui masyarakat, bahwa Kartini salah satu dari andalan Kiai Soleh Darat. Kalau berziarah ke sini nanti akan bisa mendapatkan penjelasan yang komprehensif,” tambahnya.

Peresmian lokasi wisata ziarah juga dibarengi dengan peresmian lapak dan renovasi fasilitas umum dan kios di area makam, pusataka digital, serta galeri Diorama Perjuangan RA Kartini. Nantinya, wisata ziarah nasional tersebut akan membidik masyarakat yang selama ini melakukan wisata religi Wali Songo.

Source wisata rembang
Comments
Loading...