Wisata Lumpur Kesongo di Gabus Grobogan Purwodadi

0 244

Wisata Lumpur Kesongo

Wisata Lumpur Kesongo adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Gabus, Kabupaten Purwodadi, Provinsi Jawa Tengah, indonesia. Wisata Lumpur Kesongo adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Daya Tarik Lumpur Kesongo

Wisata Lumpur Kesongo memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota purwodadi tidak mengunjungi wisata Wisata Lumpur Kesongo  mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut. Wisata Lumpur Kesongo sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.

Kawasan Lumpur Kesongo memiliki luas 119,1 ha, yang terdiri dari 3 tipe habitat. Ketiga tipe tersebut adalah kawasan semburan lumpur, kawasan rawa dan kawasan padang rumput (savanna). Kawasan semburan lumpur merupakan kawasan yang dipenuhi oleh lumpur yang keluar dari perut bumi, pada daerah ini tidak ada vegetasi yang bisa hidup. 

Kawasan yang menjadi daerah semburan lumpur memiliki luas kurang lebih 5 hektar. Pada kawasan ini biasanya dijadikan sebagai tempat masyarakat untuk meminta berkah pada Ki Joko Linglung. Pada saat setiap ritual, peziarah selalu membawa susu putih yang dituangkan ke dalam kawah lumpur agar permohonannya terkabul oleh Ki Joko Linglung.

Sejarah Lumpur Kesongo

Konon menurut masyarakat sekitar, susu putih merupakan makanan favorit dari Ki Joko Linglung. Selain sebagai tempat pemujaan lokasi semburan lumpur merupakan lokasi tempat bermain dan mencari makan beberapa jenis satwa yang hidup di sekitar lokasi tersebut. Kawasan padang rumput merupakan kawasan yang mayoritas ditumbuhi oleh vegetasi rumput. Kawasan savanna di Kesongo memiliki luas kurang lebih 112 ha. 

Aksesbilitas Lumpur Kesongo

Pada lokasi ini merupakan tempat mengembala ternak masyarakat sekitar. Selain itu masyarakat juga mengambil rumput untuk pemenuhan pakan ternak mereka yang di kandang di rumahnya. Selain dijadikan sumber pakan ternak masyarakat sekitar kawasan, kawasan padang rumput Kesongo juga merupakan habitat bagi beberapa jenis burung terrestrial dan amfibi. Kawasan rawa Kesongo merupakan kawasan yang sepanjang tahun selalu di tutupi oleh air atau lumpur. Pada kawasan ini selain selalu di penuhi oleh air juga ditumbuhi oleh ilalang rawa. Selain itu, pada kawasan ini juga menjadi habitat burung air, reptil dan amfibi. 

Source wisata grobogan
Comments
Loading...