Wisata Kebun Raya Batam Nongsa

0 7

Wisata Kebun Raya

Kebun Raya Batam merupakan bentuk konservasi alam sehingga 58,57 daratan atau kurang lebih 23.430 ha dari luas Batam bisa diselamatkan. Tema koleksi dari kebun ini ialah tumbuhan pulau kecil serta pesisir Indonesia. Alamat lokasi ini berada di Jalan Hang Lekiu, Sambau, Nongsa, Batam.

Koleksi di Kebun Raya Batam

Tema wisata ini ialah konservasi tumbuhan pulau kecil di Indonesia. Rencana koleksinya berdasarkan pada biogeographic region meliputi koleksi kepulauan wilayah Sundaland, wilayah Wallacea, wilayah New Guinea, wilayah Oceanea, dan wilayah dunia lainnya. Taman tematik ini seperti maze garden, flower garden, children garden dan lain juga direncanakan menjadi kekuatan kebun raya ini. Selain itu kawasan pesisir seperti hutan mangrove tetap dipertahankan untuk daerah dihutankan. Wilayah ini bisa diakses dengan menggunakan jembatan track dari kayu. Pembibitan terdapat 452 jenis dengan 7,574 spesimen, dan kebun 25 jenis dengan 88 spesimen.

Di dalam perannya sebagai sebuah National Single Window pada dunia perdagangan internasional, Batam telah berkembang menjadi sebuah kota modern dan mempunyai arsitektur bangunan modern. Namun tidak meninggalkan fakta budaya melayu yang melekat. Apalagi banyak penggunaan nama tokoh Melayu digunakan sebagai nama fasilitas umum, sehingga pengembangan wisata ini di desain ruang terbangun dan menjadi kombinasi arsitektur modern dan akar budaya Melayu. Sebagai cara untuk menarik pengunjung, nantinya akan dibangun wahana botanical skyway yang bisa menghubungkan zona penerimaan utama dan zona penerimaan kedua. Wahana ini bisa memberi kesempatan pada pengunjung untuk menikmati koleksi dari atas.

Menghabiskan waktu di Kebun Raya

Ada berbagai hal yang bisa kita lakukan setelah menginjakkan kaki di tempat ini. Anda bisa melihat berbagai fauna di Kebun Raya. Pasti sangat mengasyikkan, mengunjungi berbagai fauna sarat akan pengetahuan bersama dengan buah hati yang masih balita. Sebetulnya bukan hanya melihat-lihat fauna, namun kita bisa berfoto dan melengkapi koleksi di Instagram. Hal terlihat sederhana ini bisa menjadi begitu menyenangkan, apalagi jika belum banyak orang mengetahui keberadaan tempat rekreasi ini. Kebun ini sendiri belum dibuka secara resmi, dan dibuka di bulan Maret mendatang. Namun, sekarang kita sudah bisa mengunjunginya.

Fasilitas di Kebun Raya Batam

Seperti kebun raya pada umumnya, sudah pasti fasilitas yang berada di dalamnya sangat lengkap. pengelola memberi fasilitas mulai dari kamar mandi umum, tempat duduk. Untuk tempat makan, belum banyak warung makan buka di sekitar tempat wisata. Sehingga, jika ingin mengunjungi bersama dengan keluarga, Anda bisa membawa bekal minuman dan makanan dari rumah.

Rute Menuju Kebun Raya Batam

Secara administratif, kawasan ini berada di Samabu, Nongsa dan berada di tepi Hang Lekiu Km 4 – Nongsa. Lokasi ini memiliki luas 86 ha serta berjarak kurang lebih 10 km dari Hang Nadim Bandara atau kurang lebih 15 km dari Batam Center. Lokasi tersebut adalah kawasan pariwisata serta pintu masuk internasional. Kawasan wisata ini berada di kawasan resort serta wisata alam Nongsa seperti Palm Springs Golf, Tering Bay Golf hingga Beach Resort. Karena begitu strategisnya tempat rekreasi ini, kita bisa mengunjunginya dengan mudah.

Apalagi jika Anda membawa kendaraan pribadi. Kita bisa menggunakan Google Map. Kita cukup mengetikkan tujuan dan titik tempat berangkat. Setelah itu, Google Map menunjukkan jalan lokasi yang paling cepat untuk menuju ke tempat rekreasi ini. Rute menuju lokasi wisata ini cukup mudah, apalagi berada di tepi jalan. Penduduk yang berada di sekitar pun sudah mengetahui lokasi tersebut. Anda akan melewati berbagai macam pemandangan yang indah, pepohonan hijau yang rindang dan masih banyak lagi.

Source https://blog.misteryellow.id https://blog.misteryellow.id/wisata-kebun-raya-batam-nongsa-letak-alamat-lokasi-taman-bunga-dimana
Comments
Loading...