Wisata Hutan Mangrove Pasuruan Jawa Timur

0 184

Hutan Mangrove Pasuruan

Hutan Mangrove Pasuruan merupakan salah satu obyek yang menarik di wilayah pesisir pasuruan adalah Hutan Bakau (Mangrove) yang berada di Desa Penunggul Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan, Kecamatan di bibir pantai di sebelah timur Kabupaten Pasuruan yang berbatasan Langsung dengan Kabupaten Probolinggo. Sesuai dengan fungsinya Hutan Mangrove sebagai lahan konservasi penyeimbang ekologis terdapat banyak jenis fauna dari bangsa burung dan jenis melata bahkan sampai jenis amphibi terdapat disini dan memiliki nilai ekonomis sebagai sumber pendapatan masyarakat pesisir langsung atau tidak langsung.

Selain menanggulangi abrasi juga sebagai pemecah ombak jika terjadi gelombang besar yang mengancam kawasan pemukiman.  Sebagai kabupaten yang dilengkapi dengan kekayaan alam melimpah, Pasuruan masih menyimpan produk andalah mereka, pada segmen kekayaan alam, yaitu Hutan Mangrove Pasuruan. Wisata Hutan Mangrove ini terletak di Desa Penunggul, kecamatan Nguling, Pasuruan. Desa Penunggul yang memiliki hutan mangrove seluas 144 hektare tersebut bisa menarik kunjungan wisatawan karena menyuguhkan pemandangan laut dan terdapat empat jenis tanaman bakau yaitu Rhyzapora Mucronata, Abisina Alba, Rhyzapora Apiculata dan Alasina Marina.

Wilayah ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Probolinggo. Beberapa penduduk yang tinggal disekitar Mangrove kebanyakan bermata pencaharian sebagai Nelayan. Selain sebagai hutan contoh untuk Mangrove di Indonesia, hutan ini juga banyak dikunjungi oleh banyak pihak dari Jepang, Norwegia, Britania Raya (Inggris dan Skotlandia), Malaysia, Australia dan beberapa negara lain sebagai bahan penelitian ilmiah. Sesuai dengan fungsinya, hutan Mangrove ini diciptakan sebagai penyeimbang ekologi, dimana terdapat beberapa jenis fauna di dalamnya. Terdapat beberapa jenis burung dan melata sampai amphibi ada di hutan Mangrove ini.

Source http://daftarpariwisatapasuruan.blogspot.co.id http://daftarpariwisatapasuruan.blogspot.co.id/2016/02/wisata-mangrove-hutan-bakau-pasuruan.html
Comments
Loading...