Warning: unlink(/tmp/85cfc6e4a03bcd16c625ba7d56e4ea2e-nFpCHW.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Wisata Gua Sanghyang Tikoro, Bandung Jawa Barat

0 128

Sanghyang Tikoro

Sanghyang Tikoro Bandung adalah satu diantara destinasi wisata di Bandung yang misterius serta kontroversial. Konon lokasi Bandung dulunya yaitu satu danau yang di kenal dengan nama Danau Bandung Purba. Yang berada di Jl. PLTA Saguling, Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 43283. Air Danau Bandung Purba ini lalu menghilang di satu tempat misterius bernama Sanghiyang Tikoro. Sisa danau yang jadi kering ini lalu jadi cikal akan terbentuknya lokasi Bandung Raya. Serta dari Sanghyang Tikoro ini dipercaya nampak satu peradaban yang begitu populer, yaitu suku Sunda di Bandung.

Mungkin saja lantaran cerita tersebut Sanghiyang Tikoro dinyatakan sebagai destinasi wisata di Bandung yang paling misterius serta kontroversial. Sanghyang Tikoro yaitu satu gua di lokasi rimba yang masihlah perawan di Bandung. Obyek wisata alam di Bandung ini ada di dalam rimba yang susah dijangkau. Letaknya jauh dari keramaian kota. Sanghyang Tikoro terdapat pada kecamatan Rajamandalala serta kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Sangyang tikoro ada selain PLTA Saguling sekitaran 17 km dari pusat bendungan serta ada di lokasi turbin paling akhir.

Wisatawan tidak sering ada yang berani datang ke destinasi wisata di Bandung yang satu ini. Terkecuali mereka yang mempunyai nyali tinggi, lantaran obyek wisata di Bandung ini di kenal angker serta tertutup. Bila datang sendiri, tentu buat bulu kuduk kita merinding. Tak heran bila destinasi wisata di Bandung ini sepi dari kegiatan wisatawan. Memanglah tempatnya agak tersembunyi hingga tidak sering beberapa orang yang tahu segera bagaimana bentuk Sanghyang Tikoro. Goa Sanghyang Tikoro begitu erat dengan legenda Sangkuriang yang populer.

Menurut kacamata ilmiah, Sanghyang Tikoro terbentuk sebagai akibatnya karena meletusnya Gunung Sunda. Dahsyatnya letusan menyebabkan semua permukaan tubuhnya hancur tidak bersisa. Sesudah letusan, yang tersisa hanya lubang-lubang lekukan yang dalam dengan muntahan laharnya begitu panas mengakibatkan sungai di daerah Batujajar, Cililin, serta Padalarang tertimbun serta beralih jadi lahar dingin. Lama kelamaan menggunung serta membuat satu telaga yang lalu popular dengan sebutan Talaga Bandung.

Luas Talaga Bandung, menurut data panjangnya meraih sekitaran 6 km serta lebarnya sekitaran 15 km. Tanah di Padalarang serta Cililin biasanya memiliki kandungan kapur. Tetapi, sedikit untuk sedikit pada akhirnya terkikis membuat lubang aliran yang nantinya lalu di kenal sebagai Sanghyang Tikoro. Bila tidak berani berwisata ke tempat angker, Anda dapat berkunjung ke obyek wisata mengasyikkan di Bandung. Anda dapat mengajak keluarga atau teman dekat berwisata ke obyek wisata air seperti kolam renang

Source Jalan Wisata bintang
Comments
Loading...