Wisata Ekstrim di Hulu Sungai Comal Pemalang

0 184

Sensasi Rafting Sungai Comal

Rafting Sungai Comal merupakan salah satu wisata olahraga Refting yang mulai digarap adalah hulu sungai comal. Sungai Comal adalah sungai terpanjang dan terbesar di Kabupaten Pemalang, membentang dari Kecamatan Pulosari sampai Ulujami. Pada bagian hulu sungai memperlihatkan batu batuan yang besar dengan debit air yang besar sepanjang tahun, menciptakan banyak jeram jeram di sepanjang sungai ini. Hal memungkinkan untuk mengembangkan wisata maupun olah raga arung jeram.

Jalur Rafting Sungai Comal

Banyaknya jeram yang terdapat dihulu sungai ini, menarik investor untuk mengembangkan wisata yang ekstrim dengan tingkat safety tinggi. Di hulu sungai ini, sudah ada 2 operator arung jeram yaitu rainbow rafting dan PS rafting. Rainbow rafting mengambil base camp di Desa Kecepit dengan jalur arung dari jembatan desa Tegalharja sampai desa Wangkelang kecamatan Randudongkal, sedangkan PS rafting mengambil base camp di desa lodaya di sebelah bawah dari rainbow rafting. Hal disebabkan adanya kesepakatan bahwa satu operator arung jeram menguasai jalur sungai tertentu, dikarenakan  kondisi sungai yang tidak terlalu lebar tetapi dengan jeram yang cukup ekstrim.

Paket Rafting Sungai Comal

Rainbow Rafting menerangkan ada dua paket yang ditawarkan, jarak pendek 6 km dengan estimasi pengarungan 1,5 jam dengan harga Rp. 135.000 dan jalur panjang 9 km dengan harga Rp. 170.000 diperkirakan selama 2,5 jam. Star dari bawah jembatan Tegalharja dan finish di jembatan Wangkelang untuk jarak pendek dan diatas bendung mejagong untuk rute panjang. Spesial harga pelajar dan mahasiswa pada pengarungan hari senin sampai jumat hanya Rp. 100.000,-. Harga tersebut sudah temasuk transportasi lokal ke start dan finish ke base camp. Snack, makan, asuransi, dan apabila membutuhkan dokumentasi maka hanya menambah Rp. 75.000 sudah mendapkan CD yang berisi video di 5 titik memarik serta puluhan shot kamera.

Source wisata kompasiana9
Comments
Loading...