Wisata Edukasi – Perpustakaan Soeman H.S Kota Pekanbaru

0 9

Perpustakaan Soeman H.S

Perpustakaan Soeman H.S sebagai perpustakaan kecil, penuh dengan rak buku, terasa sempit dan membosankan. Di sini, Anda akan melihat bahwa perpustakaan bisa menjadi salah satu tempat wisata sekaligus belajar yang menarik. Nama perpustakaan diambil dari nama seorang novelis asal RiauPemberian nama untuk perpustakaan ini, terinsiparisi dari sastrawan sekaligus pejuang nasional Angkatan Pujangga asal Riau, keturunan Tapanuli, yaitu Soeman HS, yang begitu fenomenal di kalangan masyarakat. Sebuah perpustakaan yang disebut sebagai arsitektur gedung perpustakaan terbaik se-ASEAN ini sempat menjadi perpustakaan terbesar se-ASEAN hingga tahun 2014 sebelum dikalahkan perpustakan UI dan GRAHATAMA PUSTAKA Yogyakarta.

Keunikan Perpustakaan Soeman H.S

Dengan APBD Riau lebih dari 150 milyar dalam gerakan untuk lebih meningkatkan minat membaca warga Riau ini memang sengaja dibangun oleh Pemerintah Provinsi. Bangunan perpustakaan ini terlihat sangat unik dari luar. Gedung mewah berarsitektur modern tropis menyerupai buku terbuka atau rehal (bangku kecil untuk alas membaca Al Quran).

Memiliki daya tampung setiap lantainya sebanyak 1.000 pengunjung. Arsitektur perpustakaan ini memadukan antara arsitektur khas budaya melayu dan modern. Bahkan, pada tahun 2008, Wakil Presiden M. Jusuf Kalla pun mengunjungi, meninjau, dan datang langsung untuk meresmikan Perpustakaan ini. Perpustakaan ini memang menjadi ruang public bagi masyarakat Kota Pekanbaru. Gedung Perpustakaan Soeman HS merupakan blok bangunan yang terdiri dari 6 lantai dengan area publik sebanyak 5 lantai, meliputi lantai dasar hingga lantai 4. Sedangkan lantai 5 merupakan area perkantoran bagi pengurus perpustakaan dan tidak dibuka untuk umum.

Perpustakaan Berkelas International 

Karena perpustakaan ini memang perpustakaan berkelas International, jangan heran apabila Anda menemukan fasilitas yang luar biasa disini. Perpustakaan ini mempunyai fasilitas yang lengkap mulai dari public library, children library, student library, Energy Corner (Chevron Library), educational room, auditorium, bilik melayu (ruangan khusus untuk literatur budaya Melayu ), atrium, meeting room, discussion room, audio visual room,CCTV, internet room, WIFI disetiap ruangan, musholla, cafe, kantin, sampai toiletnyapun ala hotel bintang lima, kumpulan literatur tentang budaya Melayu yang berada diperpustakaan ini diklaim sebagai yang paling lengkap atau komprehensif se-Indonesia.
Karena keunggulannya itulah sehingga perpustakaan ini menjadi E-Pilot National Project percontohan Perpustakaan seIndonesia! Perpustakaan ini tak hanya untuk orang dewasa. Silakan bawa anak-anak ke tempat wisata edukasi ini. Di sini, ada Children Library dan Kids Corner yang sangat memanjakan anak-anak. Tak perlu memiliki kartu keanggotaan untuk bisa membaca koleksi buku di sini. Anda bebas membaca buku di sofa atau lesehan, ruang baca sangat nyaman karena dilengkapi dengan AC dan akses internet gratis.

Lokasi dan Jadwal Perpustakaan Soeman H.S

Perpustakaan Soeman H.S terletak di Jalan Cut Nyak Dien, Pekanbaru. Anda tidak dipungut biaya untuk bisa masuk ke tempat wisata di Pekanbaru ini. Perpustakaan Soeman HS dibuka untuk umum setiap Senin – Sabtu pukul 09.00 – 15.30 WIB dan pada hari Minggu pukul 09.00 – 13.30 WIB.

Source http://riauberbagi.blogspot.com http://riauberbagi.blogspot.com/2016/01/wisata-melayu-edukasi-perpustakaan-soeman-hs-kota-pekanbaru.html
Comments
Loading...