Warning: unlink(/tmp/474ab38d254b7f2a73cd44ccb6f22411-2Ymx01.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Wisata Edukasi Observatorium Bosscha Bandung Jawa Barat

0 112

Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha menjadi salah satu objek wisata edukatif di Bandung yang menarik untuk dikunjungi. Observatorium Bosscha adalah salah satu observatorium peneropongan bintang tertua yang ada di Indonesia. Berdiri di atas tanah seluas 6 hektar pada ketinggian 1310 meter diatas permukaan laut. Bangunan Observatorium Bosscha memiliki kubah dengan diameter 14,5 meter dan beratnya mencapai 56 ton. Pada saat melakukan peneropongan, atap kubah ini dapat bergerak berkat daya listrik berkekuatan 1500 watt. Meskipun Observatorium Bosscha ini sudah berusia hampir satu abad, namun bangunannya masih berdiri dengan sangat kokoh.

Bahkan diperkirakan bangunan Observatorium Boscha dapat bertahan dari guncangan gempa berskala tinggi hingga 7 skala Richter. Terdapat beberapa teleskop yang ada di Observatorium Boscha yaitu Teleskop Zeiss, Teleskop Unitron, Teleskop Schmidt, Teleskop Bamberg dan Teleskop Goto. Salah satu teleskop yang paling terkenal adalah Teleskop Zeiss yang telah beroperasi sejak tahun 1928 dan masih berfungsi dengan baik hingga sekarang. Teleskop Zeiss merupakan teleskop terbesar yang ada di Observatorium Bosscha yang berasal dari Jena, Jerman.

Lokasi Observatorium Bosscha

Observatorium Boscha terletak di Lembang, Bandung. Dari Kota Bandung jaraknya sekitar 15 Km ke arah utara atau lebih tepatnya beralamat di Jl. Teropong Bintang, Cikahuripan Bandung. Lembang sendiri memiliki banyak tempat wisata pilihan yang tidak kalah menariknya seperti Farmhouse Lembang atau Floating Market Lembang. Kedua tempat wisata ini bisa sekaligus kamu kunjungi dalam satu hari karena jaraknya yang tidak terlalu jauh.

Cara Menuju Ke Observatorium Bosscha

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menemukan tempat wisata ini. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi maka cara yang paling mudah adalah melalui Jalan Setiabudi kemudian ambil jalan ke arah lembang. Setelah melewati Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) kamu akan bertemu dengan Pusat Pendidikan Korps Wanita Angkatan Darat. Teruslah berkendara, tidak begitu jauh sekitar 0,5 Km kamu akan sampai di gerbang Obeservatorium Bosscha yang terletak di sebelah kanan jalan.

Jika kamu menggunakan kendaraan umum, maka ada 3 alternatif cara yang bisa kamu tempuh untuk bisa sampai ke lokasi. Cara pertama, naiklah angkot dari Stasiun Hall yang menuju ke Lembang. Kamu bisa langsung berhenti di gerbang bawah Observatorium Bosscha. Cara kedua, naiklah bus Damri di Terminal Bus Leuwi Panjang dengan tujuan Terminal Ledeng. Kemudian dari terminal ledeng kamu berganti angkot yang menuju ke Stasiun Hall. Naik lagi angkot jurusan Lembang dan berhenti di gerbang Observatorium Bosscha.

Cara ketiga, kamu juga bisa naik angkot dari Terminal Bus Cicaheum dengan jurusan Cicaheum-Ledeng. Selanjutnya kamu berhenti di Stasiun Ledeng dan meneruskan perjalanan dengan berganti angkot yang menuju Stasium Hall. Kemudian naiklah angkot yang menuju Lembang dan berhenti di gerbang Observatorium Bosscha. dan untuk menuju ke lokasi anda akan di kenakan biaya masuk untuk Kunjungan siang Rp. 15.000/orang dan untuk Kunjungan malam Rp. 20.000/orang.

Source Jalan Wisata Tempatwisata.com
Comments
Loading...