Wisata Desa Barambai di Kota Banjarmasin

0 35

Desa Barambai sekilas mirip Bali. karena Desa Barambai dihuni oleh sebagian besar penduduk keturunan Bali. Yang  juga beragama Hindu Bali. Mereka secara turun temurun menetap di desa yang berjarak sekitar 2,5 jam dari Banjarmasin tersebut.

Pura Agung di Barambai

kehidupan mereka pun kurang lebihnya berbudaya adat Bali. Seperti penamaan keturunan, setiap halaman rumah pun dilengkapi dengan ukiran dari batu atau kayu sebagai alat untuk menaruh perlengkapan ibadah. Benda yang selalu ada di tiap rumah di Barambai Di Barambai juga memiliki pura besar yang bernama Pura Agung Widya Natha. Disini menjadi sentral peribadatan umat Hindu Bali yang ada di salah satu desa di Kabupaten Barito Kuala, Kalsel tersebut.

Penduduk disini rata-rata menggantungkan hidupnya sebagai petani. Mereka berdampingan secara damai dengan warga Suku Banjar, Jawa dll. Desa Barambai pernah menjadi bahan perbincangan yang hangat  dengan munculnya Lumpur Barambai. Lumpur Barambai merupakan fenomena alam yang sangat aneh. Dimana lumpur dingin keluar dari perut bumi secara terus menerus.Seperti air mendidih yang menggelembung.

Lumpur Barambai. Dulunya lumpur ini masih sangat kecil. Muncul di halaman rumah salah satu warga setempat. Lama kelamaan kubangan lumpur semakin membesar. Sehingga rumah yang ada disekitarnya dibongkar total. Saat awal kejadian, lumpur ini banyak dikunjungi oleh warga Kalsel. Bahkan turis dari China. Lumpur mirip kopi susu ini mengandung gas metana, emas hitam alias batubara .

Source https://wisatakalimantan.wordpress.com https://wisatakalimantan.wordpress.com/wisata-kalimantan-selatan/desa-barambai/
Comments
Loading...