Wisata Curug Putri Kencana Bogor Jawa Barat

0 231

Curug Putri Kencana

Curug Putri Kencana atau yang dikenal juga dengan air terjun Putri Kencana merupakan salah satu wisata alam yang ada di  Bogor, Curug ini  memang memberikan pengalaman seru saat bermain air di kolam alami. Dengan kesegaran air yang menyatu dengan alam yang masih asri membuat siapapun betah untuk berlama-lama di tempat ini. Wisata air terjun di Bogor atau curug di Bogor memang cukup banyak, tak mengherankan memang. Pasalnya dengan kondisi goegrafis dataran tinggi dan terdapat beberapa gunung seperti Gunung Salak, Gunung Gede dan juga beberapa gunung lainnya

Daya Tarik Curug Putri Kencana

Letaknya yang tak terlalu jauh dari pusat ibukota seperti Jakarta, ataupun beberapa kota pendukung seperti Bogor, Bandung, Sukabumi ataupun kota-kota lainnya, menjadikan alasan terlogis tempat wisata ini selalu ramai diserbu oleh para wisatawan. Selain alasan tersebut, terdapat pula banyak pilihan air terjun/curug yang dapat dipilih, letak lokasinya pun juga cukup saling berdekatan, sehingga dapat dicapai dalam satu hari atau one day trip. Khusus bagi kamu yang mempunyai kegemaran akan kegiatan outdoor, mengunjungi beberapa air terjun di Sentul ini tak boleh dilewatkan, pasalnya selain bisa puas bermain di kolam air terjun, kamu juga dapat bercamping ceria di area camp ground yang sudah tersedia.

Akses Menuju Curug Putri Kencana

Letaknya di sebelah kanan sebelum Curug Leuwi Hejo, atau tepatnya dari arah Sentul menuju Jungle land Sentul. Kemudian setelah menemukan pintu masuk utama Jungle land, arahkan kendaraan kamu untuk ambil arah kanan menuju permukiman warga. Setalah itu akan ada pecahan jalan untuk menuju Gunung Pancar dan Pemandian Air Panas. Kamu dapat ambil arah kiri ke arah Gunung Pancar/Ecopark, lalu ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan jembatan dan kamu dapat belok kanan ke sebuah gang, yang tak jauh dari jembatan tersebut untuk sampai di Curug Putri Kencana. Disekitar jembatan tersebut pun sudah banyak petunjuk rute jalan menuju Curug Putri Kencana. Jika kamu ingin menuju Curug Leuwi Hejo/Curug Barong, dari jembatan tersebut kami dapat lurus saja dan ikuti papan rute petunjuknya.

Harga Tiket Curug Putri Kencana

Sesampainya di tempat parkir kendaraan, maka sampailah kamu di kawasan Curug Puri Kencana. Namun sebelumnya kamu akan dikenakan biaya retribusi untuk tiket masuk sekitar Rp. 15.000/orang dan parkir kendaraan Rp. 5000/motor. Setelah mengurus segala biaya retribusi tersebut, maka kamu akan langsung memulai perjalanan trekking menuju lokasi curug Putri Kencana. Semangat mulai terpacu menapaki jalan setapak sepanjang sekitar 500 meter.

Jalur dengan kontur tanah dan diawali dengan masuk ke area perkampungan warga serta persawahan, menemani diawal perjalanan ini. Pada titik-titik tertentu pada jalur terdapat tanah merah yang bilamana musim penghujan tiba, akan menjadi licin pastinya. Kemudian bilaman kamu yang berniat untuk bermalam, kamu dapat bercamping ceria di area campground yang sudah disediakan. Pihak pengelola memang telah mempersiapkan segala kebutuhan para wisatawan seperti area camp yang cukup luas, bersih dari sampah hingga fasilitas toilet dan juga musholah. Untuk biaya ijin mendirikan tenda, kamu hanya akan dikenai sekitar Rp. 25.000/tenda.

Source wisata infotempatpariwisata.id
Comments
Loading...