Wisata Curug Citro Arum Yang Bersih Kendal

0 221

Curug Citro Arum

Curug Citro Arum merupakan salah satu destinasi wisata air terjun yang mempunyai keindahan tiada duanya Curug ini berada di Kabupaten Kendal, tepatnya di Dusun Kedo’an RT.2 RW.2 Desa Pakis Kecamatan Limbangan.

Sejarah Curug Citro Arum

Nama di balik air terjun ini menyimpan sekelumit kisah yang menarik untuk kita simak, Citro Arum dalam bahasa indonesia berarti Citra harum, namun Citro sendiri berasal dari sebuah nama seseorang, yaitu mbah Citro, seseorang yang dahulunya tinggal untuk pertama kalinya dan merintis Desa pakis, sedangkan arumdi ambil dari nama sumber mata air terjun ini berasal yaitu “tuk wangi” karena di sumber air yang keluar dari tanah ini, berbau harum sehingga warga desa pakis dan kampung kedokan menamakan sumber mata air tersebut “tuk wangi”.

Akses Menuju Curug Citro Arum

Untuk menuju Air Terjun Citro Arum ini, teman-teman harus mencari Desa Pakis, Limbangan. Kalau dari terminal Sumowono Bandungan, ambil aja arah Boja, setelah jalan sekitar 5 km cari aja sebuah tugu di samping jalan raya bertuliskan Desa Pakis. Tanya saja dengan warga sekitar pasti di tunjukin arah jalannya, dan jangan khawatir dengan akses jalannya, karena bulan April 2012 ini, jalan beton akan di bangun agar kendaraan lebih mudah menjangkau air terjun nan indah ini.

Rute Menuju Curug Citro Arum

Dari jalan raya kita harus memasuki area perkampungan terlebih dahulu, kurang lebih 2 Km dengan medan yang menanjak. Nanti di pertigaan kita akan melihat papan penunjuk arah ke curug citro arum. Ikuti saja papan tersebut maka akan sampailah kita di lokasi parkir. Dari parkiran menuju air terjun jalan saja mengikuti jalur yg telah dibuat. Selama 10-15 menit menyusuri sungai dan blusukan di hutan kopi, sampailah di lokasi air terjun. Just info, disini masih sangat alami. Suara binatang khas hutan terdengar sangat jelas. Tak ada sampah bertebaran pula. Bahkan saat perjalanan menuju parkiran sempat pula bertemu dengan seekor ular hijau kecil yang sedang bersantai.

Ketinggian Curug Citro Arum

Ketinggian air terjun ini tidak ada yang mengalahkan seantero Kendal sehingga jadilah Curug Citro Arum sebagai air terjun tertinggi di Kota Santri ini. Terjunan air yang deras, dinding batu yang kokoh serta pepohonan yang tumbuh menjulang menjadi kombinasi apik yang kian mempercantik panorama di sekitar Curug Citro Arum ini. Air terjun yang berdinding batu yang kokoh, dikelilingi pepohonan, serta tumbuh-tumbuhan yang tumbuh di bebatuan menjadi keindahan tersendiri bagi Curug Citro Arum ini.

Source wisata www.ekspedia.com
Comments
Loading...