Wisata Candi Gunung Wukir Tertua di Jawa Tengah

0 165

Candi Gunung Wukir

Candi Gunung Wukir merupakan salah satu kawasan sejarah yang ada di Magelang. Candi Gunung Wukir ini adalah Candi Hindu yang di tandai dengan adanya Yoni dan arca Nandi. Yoni bersama sebuah Lingga adalah sebagai lambang dewa Siwa. Namun Lingga dimaksud sekarang tidak ada lagi. Sedangkan arca Nandi (lembu) adalah kendaraannya.

Berdasarkan data dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah Gunung Wukir terdiri dari tiga Candi. Candi Utama dengan tiga candi di depannya. Yoni tersebut terletak di Candi Utama, arca Nandi terletak pada candi di depannya atau pada Candi Wahana.

Lokasi  Candi Gunung Wukir

Secara administratif Candi Gunung Wukir berada di Dusun Canggal, Desa Kadiluwih, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Transportasi Candi Gunung Wukir

Untuk mencapai lokasi ini, bisa dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Bila menggunakan kendaraan pribadi, dari Jogja lokasi bisa ditempuh hanya dalam waktu 30 menit. Tapi bila pilihannya kendaraan umum, waktu tempuh lebih lama. Dari Jogja bisa menumpang kendaraan umum tujuan Magelang/Muntilan. Turun di pertigaan Semen, arah Ngluwar. Cari kendaaan umum yang menuju Ngluwar dan turun di Desa Kadiluwih. Anda harus berjalan sekitar 15 menit untuk sampai ke atas bukit.

Tips Berlibur ke CandiGunung Wukir

  1. Untuk menikmati keindahan Candi Gunung Wukir, hindari pada musim penghujan. Sebaiknya dipilih waktu pagi hari atau sore hari, di mana matahari cukup bagus memberi efek pada candi.
  2. Harus siap fisik dan mental, karena harus naik bukit yang tingginya 300 meter dari permukaan laut.
  3. Jangan lupa membawa bekal minuman.
  4. Jangan lupa membawa obat-obatan, terutama untuk menghindari serangan nyamuk.
  5. Lebih baik meminta tolong juru kunci agar lebih mudah mengakses masuk candi dan siapkan tips untuk juru kunci seiklhasnya.
Source candi gunung wukir magelang
Comments
Loading...