Wisata Cagar Budaya Silurah, Batang Jawa Tengah

0 206

Cagar Budaya Silurah

Cagar Budaya Silurah adalah warisan budaya bersifat kebendaan berupa Benda Cagar Budaya, Bangunan Cagar Budaya, Struktur Cagar Budaya, Situs Cagar Budaya, dan Kawasan Cagar Budaya di darat dan/atau di air yang perlu dilestarikan keberadaannya karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan/atau kebudayaan melalui proses penetapan.

Lokasi Cagar Budaya Silurah

Batu Gajah atau patung Gajah Indra merupakan peninggalan purbakala yang terdapat di Desa Brokoh Kecamatan Wonotunggal yang tepatnya +  200 m di tepian aliran sungai kupang tersebut berukuran 90 x 60 cm dan ketebalan 30 cm. Pada satu sisinya terdapat relief manusia berjongkok dibawah badan gajah yang berdiri,disisi lainnya terdapat relief anak kecil dan tangan orang dewasa seolah meletakan anaknya dipunggung gajah, namun yang patut disayangkan bentuk arca tersebut sudah tidak lengkap lagi karena bagian belailainya telah patah dirusak oleh orang tidak bertanggung jawab.

Akses Menuju Cagar Budaya Silurah

Ganesha Silurah terletak di tengah hutan diantara bukit dan sungai kecil (koordinat -7.081569,109.757944). Untuk mencapai Arca Ganesha dari Silurah Wonotunggal harus melewati hutan pinus yang keadaan jalannya tidak terlelu bagus dan beberapa sangat sulit dijangkau sepeda motor biasa. Motor akan berhenti di tempat parkir yang cukup jauh dari area parkir sepeda motor. Dari parkiran sepeda motor akan dilanjutkan jalan kaki sekitar 1 km. Sebenarnya tidak terlalu jauh akan tetapi medan terlalu curam dan licin sehingga akan terasa lama.

Source wisata anak kampung
Comments
Loading...