Wisata Benteng Portugis Jepara Bernuansa Alam Jepara Jateng

0 166

Benteng Portugis

Benteng Portugis adalah salah satu di antara obyek wisata di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah yang paling sering dikunjungi. Di tempat ini, pengunjung bisa menikmati tiga destinasi wisata sekaligus, yaitu benteng bersejarah peninggalan bangsa Portugis, pantai Utara Jawa, dan Pulau Mandalika yang dikenal mistis, angker, misterius tapi sangat mempesona.


Benteng Portugis yang berada di puncak perbukitan, dekat pantai ditetapkan sebagai Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah. Karena itu, pengunjung tidak boleh merusak, mencuri, memindahkan atau memisahkan barang-barang yang ada di sana karena akan mendapatkan sanksi hukum berdasarkan Undang-undang RI Nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

Lokasi Benteng Portugis

Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Desa Banyumanis, berada di sebelah timur Kota Jepara, yang masih berada di wilayah Kecamatan Donorojo. Dari pusat Kota Jepara, untuk tiba di tempat ini jarak yang ditempuh sekitar 45 km, sesuai dengan peta Benteng Portugis Jepara dari pusat kota. Lama perjalanan kesana kurang lebih akan memakan waktu satu jam. Cukup lama juga untuk tiba di benteng legendaris ini.

Akses Menuju Benteng Portugis

Untuk menuju kesana, Anda bisa menggunakan transportasi pribadi. Boleh Anda menggunakan sepeda motor atau kendaraan roda empat. Harap dimaklumi bahwa selama jalan menuju Benteng Portugis Jepara, Anda tidak akan bertemu dengan transportasi umum. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempersiapkan kendaraan pribadi Anda sebelum berangkat berwisata ke pantai yang satu ini. Meskipun demikian jalan menuju ke pantai ini bisa dikatakan halus karena sudah diaspal dan tergolong masih baru.

Harga Benteng Portugis

Untuk tiket masuk Benteng Portugis di Jepara ini sebenarnya tidak terlalu mahal. Bisa dibilang objek wisata ini sangat terjangkau bagi semua kalangan. Selama hari kerja, pengunjung dewasa hanya dikenakan tarif 3.000 rupiah saja sedangkan anak – anak dikenakan tarif sebesar 2.000 rupiah per orang. Tarif tersebut naik 2.000 rupiah per orang ketika Anda datang saat akhir pekan atau hari libur. Akan tetapi bila Anda datang ketika hari raya spesial, tarif masuknya mengalami kenaikan yang cukup. Untuk dewasa akan dikenakan tarif 10.000 rupiah sedangkan untuk anak – anak 7.000 rupiah saja. Tarif masuk itu juga sudah termasuk biaya parkir. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang biaya parkir kendaraan Anda karena sudah tergabung di dalam tiket masuk.

Sejarah Benteng Portugis

Nama Benteng Portugis tidak lepas dari Sejarah tentang berdirinya Benteng itu sendiri, pada saat itu bangsa Indonesia khusunya kota Jayakarta dijajah oleh bangsa Belanda. Sultan Agung (Raja Mataram) dengan angkatan perangnya siap untuk mengusir penjajah Belanda. 

Namun usaha untuk mengusir Belanda melalui angkatan laut telah gagal, Sultan Agung dengan bala tentaranya berusaha lagi untuk kali kedua dengan dibantu oleh bangsa Portugis, sehingga nama tempat tersebut dinamakan Benteng Portugis.

Source wisata jepara
Comments
Loading...