Wisata Bendungan Kletak Pekalongan Jawa Tengah

0 295

Bendungan Kletak

Bendungan Kletak terletak di Wonoringgo, Kabupaten Pekalongan, Bendungan ini adalah salah satu wisata yang berada di Pekalongan, titik bertemunya dua sungai dari Doro dan Karanganyar. Barangkali karena adanya pertemuan dua arus sungai inilah yang menjadikan Bendungan Kletak terasa dipenuhi dengan hal-hal mistik sebagaimana yang dipercayai oleh sebagian masyakarat sekitar. Menuruti masyarakat sekitar Bendungan Kletak hampir setiap tahun bendungan itu selalu memakan korban jiwa. Konon menurut cerita yang beredar bahwa bangunan tersebut dibangun oleh para pekerja yang dalam keadan tak sadar.

Nama Lain Bendungan Kletak 

Nama Bendungan Kletak diambil berdasarkan nama sebuah  pesantren yang dulunya berada di dekat bendungan. Menurut cerita yang beredar dikalangan masyarakat, bahwa para murid pesantren tersebut hilang satu persatu higga akhirnya habis. Kata Kletak sendiri berasal dari Bahasa Jawa yang artinya digigit.

Mistis Bendungan Kletak 

Masyarakat juga ada yang percaya bahwa di Bendungan Kletak sering terlihat seorang wanita yang berparas ayu menggunakan kaca mata dan kerap mencari seorang pria dari warga sekitar yang bakal dijadikan pacar. Ada juga sesosok mahluk penguasa bendungan yang berwujud tinggi besar dan memilki rambut yang berasal dari kawat. Para korban yang tenggelam kebanyakan berasal dari daerah luar bendungan, biasanya seseorang yang berada di sekitar bendungan akan hilang kesadarannya. Oleh karena itu banyak masyarakat yang enggan untuk mengunjungi atau bermain-main di Bendungan Kletak.

Keindahan Bendungan Kletak 

Namun semua itu hanyalah mitos yang belum bisa dibuktikan keilmiahannya, hanya saja sebagai manusia yang beriman kita memang sudah sepantasnya percaya bahwa kita hidup di Dunia ini tidak sendirian, ada alam lain dari bangsa Jin yang juga tinggal di bumi. Terlepas dari kemistikan yang ada di Bendungan Kletak tersebut, sebenarnya Bendungan Kletak menyimpan keindahan alam, apalagi ketika sore hari yang cerah. Barangkali pemandangan yang ada di Bendungan Kletak ini dapat memanjakan mata anda.

Source wisata kota pekalongan net
Comments
Loading...