Wisata Bendung Sokawati Pemalang Jawa Tengah

0 603

Bendung Sokawati

Bendung Sokawati merupakan salah satu bendungan besar di Kabupaten Pemalang dan Pekalongan yang diantaranya Bendung Kaliwadas dan Bendung Kletak. Fungsinya sebagai sumber air ke sistem irigasi di Kecamatan Petarukan, Taman, dan Ampelgading. Ketika banjir ia berfungsi sebagai pemantau ketinggian dan debit air sungai. Pada banjir 02 Pebruari 2014, ketinggian air di Bendung Sokawati sempat mencapai 4 meter. Menyebabkan banjir besar yang sudah tidak terjadi selama lebih dari dua dekade.

Lokasi Bendung Sokawati

Bendung Sokawati terletak di Desa Sokawati, Kec. Ampelgading, Kab. Pemalang. Ia membendung Kali Comal yang berhulu di puncak Gunung Slamet, Kecamatan Pulosari, dan bermuara di Ujung Pemalang, Kecamatan Ulujami. Kali Comal merupakan kali terpanjang dan terbesar di Kabupaten Pemalang. Kali Comal mengalami rekayasa berupa perubahan jalur sungai oleh Pemerintah Kolonial Belanda guna mencegah banjir. Rekayasa itu terdapat di Dess Kebagusan dan Desa Sidokare. Dan rekayasa aliran ke muara yang semula melintang ke arah barat dan bermuara di Desa Asemdoyong, menjadi membujur lurus ke utara dan bermuara di Ujung Pemalang.

Pemandangan Bendung Sokawati 

Mengunjungi Bendung Sokawati sangatlah mengesankan. Karena letaknya yang berada di pangkal hutan perbukitan menyajikan pemandangan hutan, bukit, dan sungai dalam paduan yang harmonis. Melihat Bendung Sokawati memiliki kesan megah dan tinggi dengan hamparan kolam dan sungai yang luas. Akan tetapi bendungan ini terbilang minim akan keselamatan. Dinding-dinding bendungan yang tinggi sebagian besar tidak dilengkapi dengan pagar pelindung. Saluran irigasi utama yang memanjang di tengah cekungan tanah yang dalam dan curam tidak diberi pagar pengaman. Sehingga kita harus ekstra hati-hati berada di sini terlebih jika membawa anak-anak dan rombongan.

Rute Menuju Lokasi Melalui Kendalsari

Rute ini termasuk yang paling populer. Bisa dilalui oleh kendaraan roda empat dan kondisi jalannya yg relatif lebih baik. Rute ini diakses melalui Kendalsari. Jika anda dari arah Pemalang, anda bisa mencapai Kendalsari melalui Jebed Utara, Iser, Sirangkang, Widodaren, dan Comal Baru. Jika anda dari arah Pekalongan, setelah Jembatan Comal ambil jalan masuk ke Desa Ujunggede. Jika kelewatan bisa lewat Comal Baru dan cukup mudah masuknya. Setelah sampai di Pintu Air Kendalsari, masuk jembatan dan belok kanan. Ikuti jalan itu terus hingga mentok (kira2 sejauh 6 km dari jembatan).
Source wisata seputarpemlang
Comments
Loading...