Wisata Api Abadi Mrapen Grobogan

0 152

Wisata Api Abadi Mrapen

Wisata Api Abadi Mrapen Grobogan adalah salah satu objek wisata yang berada di wilayah Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Dari segi reputasi, nama objek wisata Api Abadi Mrapen sudah kondang kawentar. Objek wisata ini terletak di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong. Letak obyek wisata ini mudah dijangkau karena terletak di tepi jalan raya Purwodadi-Semarang, berjarak sekitar 26 km dari Kota Purwodadi.

Tahun 1980-an, objek wisata ini pernah menjadi primadona sebagai jujugan wisata favorit. Pengunjung ramai berbus-bus, terutama kalau liburan sekolah. Lalu, bertahun-tahun kemudian, pamor objek wisata Api Abadi Mrapen meredup dan tak lagi menjadi primadona di kalangan wisatawan. wisata Api Abadi Mrapen kehilangan sinarnya. Pengunjung yang masih setia datang, tak lain adalah rombongan peziarah dari berbagai daerah yang ingin ‘berburu berkah’ dengan beberapa petilasan Sunan Kalijaga yang ada di objek wisata ini.

Keistimewaan Api Abadi Mrapen

Api Abadi Mrepen sebenarnya merupakan obyek wisata berupa fenomena alam munculnya api dari tanah yang konon tidak pernah padam sekalipun terguyur hujan. Di obyek wisata ini juga ada kolam yang berisi air yang meletup-letup seperti air yang sedang mendidih, namun airnya tidak panas. Kolam itu dikenal dengan nama Sendang Dudo.

Sejarah Api Abadi Mrapen

Di objek wisata ini juga ada sebuah batu bobot yang beratnya kurang lebih 20 kg yang diyakini merupakan peninggalan Sunan Kalijaga pada abad XV. Nama Api Abadi Mrapen sendiri sudah cukup populer di seantero negeri karena beberapa event nasional sempat lekat dengan obyek wisata ini. Seperti pesta olahraga internasional Ganefo 1 tanggal 1 November 1963 dan PON XVI 23 Agustus 1996, penyalaan obornya mengambil dari api abadi ini. Setiap tahun, api abadi dari Mrapen ini juga digunakan untuk obor upacara Hari Raya Waisak bagi umat Budhha.

Source wisata grobogan
Comments
Loading...