Wisata Anyar Mangrove, Alternatif Wisata Bahari Alami di Surabaya

0 109

Wisata Anyar Mangrove

Penghijauan lingkungan didukung dengan adanya hutan mangrove di beberapa daerah di Indonesia. Fungsi mangrove adalah menyediakan nutrisi bagi ikan-ikan. Tumbuhan bakau ini mampu melindungi kawasan pesisir dari terjangan badai tropis dan mencegah terjadinya erosi akibat air laut. Selain itu, dapat pula menyimpan jutaan ton karbon serta menjadi rumah bagi berbagai jenis spesies yang tidak ditemukan di kawasan lainnya. Hal ini membuktikan bahwa keberadaan hutan magrove sangat penting.

 

Surabaya sebagai kota besar di Jawa Timur memiliki beberapa wisata mangrove. Selain Ekowisata Mangrove Wonorejo, kota Pahlawan ini juga merealisasikan kawasan Wisata Anyar Mangrove (WAM). Objek wisata yang masih tergolong baru ini berada di daerah Gunung Anyar, sekitar 2 km arah timur kampus UPN Veteran.  Itu sebabnya, kawasan wisata ini juga sering disebut Mangrove Gunung Anyar. Tempat  ini bisa menjadi obyek wisata alam, wahana pendidikan lingkungan, serta menjadi alternatif wisata bahari alami di Surabaya.

WAM Surabaya diresmikan pada tanggal 1 Januari 2010 oleh Walikota Surabaya waktu itu yakni Bambang DH. Objek wisata ini mempunya nilai eksotis, diantaranya karena menggunakan perahu nelayan yang asli untuk menuju area mangrove. Begitu masuk ke area ini, pengunjung dapat melihat hutan mangrove, laut, serta flora fauna yang menarik. Di sepanjang perjalanan menuju area mangrove, Anda juga dapat melihat binatang liar seperti monyet berekor panjang dan berbagai spesies burung. Wisatawan yang berminat datang ke tempat ini juga bisa ikut menanam dan merawat bakau di area tersebut.

Keberadaan WAM juga melibatkan banyak unsur masyarakat lokal seperti petani tambak, nelayan, UKM, RT, RW, PKK, Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM), serta Karang Taruna. Untuk mencapai tempat wisata yang indah ini, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 5 km dari Jembatan MERR II-C yang ada di kawasan Pondok Nirwana atau Stikom Surabaya. Dari jembatan itu kita harus berjalan ke arah timur melewati IPH School, pangkalan taksi Orenz, hingga menemui penunjuk arah menuju EMW (Ekowisata Mangrove Wonorejo). Jarak tempuh dari EMW hingga lokasi berkisar 2,5 kilometer.

Transportasi yang bisa digunakan adalah sepeda motor maupun mobil.Wisata Anyar Mangrove melayani wisatawan setiap hari dari jam 10.00 – 17.00 WIB. Harga karcis (termasuk naik perahu) sebesar Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 8.000  untuk anak-anak. Lokasi wisata mangrove ini tidak jauh dari Ekowisata Mangrove Wonorejo. Selain itu, wisata alam lain kota Surabaya yang dapat Anda kunjungi adalah Taman Wisata SelorejoKebun Bibit Wonorejo, dan lain-lain. Selama di Surabaya Anda bisa menginap di Hotel Bumi Surabaya, Sahid Surabaya, atau Santika Surabaya.

Source http://surabaya.panduanwisata.id http://surabaya.panduanwisata.id/wisata-alam/wisata-anyar-mangrove-alternatif-wisata-bahari-alami-di-surabaya/
Comments
Loading...