Wisata Alun- Alun Demak Jawa Tengah

0 384

Alun- Alun Demak

Alun- alun Demak merupakan salah satu tepat wisata ruang terbuka yang memiliki peranan penting bagi suatu kota. Alun- alun menjadi titik pusat kegiatan kota sebagai tempat bertemunya masyarakat untuk melakukan kegiatan bersama. Alun- alun juga merupakan ruang terbuka peninggalan sejarah dan peradaban suatu kota pada masa dahulu. Alun- alun yang terletak di Pulau Jawa merupakan tempat untuk upacara religi, budaya, atau pertandingan olahraga. Hal tersebut sama dengan alun- alun yang ada di Kabupaten Demak. Alun- alun DEmak menjadi ruang terbuka yang menjadi pengikat bangunan penting disekitarnya seperti masjid agung, kantor pemerintahan, penjara, dan pasar.

Loksai  Alun- Alun Demak

Alun- Alun Demak berada di Bintoro, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah 59511, Indonesia.

Sejarah Alun- Alun Demak

Kawasan alun- alun merupakan ruang terbuka kota yang menjadi peninggalan bersejarah zaman kolonial Belanda dan sejarah Islam pada zaman dahulu. Alun- alun menjadi ruang pengikat bangunan- bangunan disekitarnya yang membentuk pola ruang kota. Pada tahun 1958, alun- alun demak masih dalam keadaan sepi dimana  open space kawasan alun- alun hanya berfungsi sebagai taman kota. Namun, pada awal tahun 2000-an mulai berkembang aktivitas PKL untuk area perdagangan informal akibat terjadi kebakaran pada Pasar Bintoro, sehingga PKL yang ada disekitar pasar sebagian besar pindah ke kawasan alun- alun. selain itu penggunaan lapangan parkir secara informal di kawasan sekitar alun- alun.

Dengan adanya hal tersebut, pemerintah Demak mulai mengambil tindakan dengan kebijakan larangan berjualan di alun- alun dan sekitarnya pada pagi hari dan jam kerja. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kekumuhan di lingkungan alun- alun. Selama ini, kebijakan tersebut dapat diterima oleh para pedagang dan tanggapan masyarakat mengenai PKL cukup baik, karena alun- alun demak menjadi sarana hiburan bagi masyarakat Kota Demak yang selama ini menjadi kota yang sepi pada malam hari.

Rute Menuju Alun- Alun Demak

Dengan Jarak tempuh Sekitar 29,0 km, perjalanan ke semarang dari Kota asal Kota Demak akan memakan waktu kurang lebih 30 menit. Estimasi Jarak tempuh dan waktu perjalanan diatas diambil dari Panduan Mengemudi Google Map. Keadaan sebenarnya di lokasi bisa jadi menunjukan selisih hasil dikarenakan faktor-faktor lain seperti situasi lalu lintas jalan raya sepanjang Kota Demak ke semarang. Kendaraan yang digunakan saat anda melakukan perjalanan dari Kota Demak ke semarang juga turut mempengaruhi waktu perjalanan dan Jarak.

Source Wisata Alun- Alun Demak Jawa Tengah Wisata Alun- Alun
Comments
Loading...