Wisata Alam Taman Tematik Liana Cianjur Jawa Barat

0 184

Taman Tematik Liana

Balai Konservasi Tumbuhan (BKT) Kebun Raya Cibodas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) atau sering disebut Kebun Raya Cibodas yang terletak di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memasuki usia ke-165 pada 11 April 2017. Untuk menandai usia yang sudah lebih dari satu setengah abad tersebut, Kebun Raya Cibodas meresmikan Taman Tematik Liana yang berisi koleksi tanaman merambat yang ditata sesuai dengan nilai estetika.

Taman Tematik Liana merupakan salah satu wisata taman yang dibangun di area seluas 1.200 m2. Taman ini terletak di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dan dipenuhi dengan koleksi tumbuhan liana, yakni tumbuhan yang tumbuh memanjat pada tumbuhan lain atau panjatan buatan manusia yang lebih besar atau lebih tinggi.

Tumbuhan liana banyak digunakan sebagai peneduh pergola dan sebagai tanaman hias. “Taman tematik ini berisi tanaman liana yang terdiri atas 24 suku, 38 marga, 30 jenis, dan 36 masih berstatus sp dari 126 spesimen,” ujar Agus Suhatman, Kepala BKT Kebun Raya Cibodas LIPI.

Dalam keterangan tertulis disebutkan, bahwa koleksi tanaman liana merupakan hasil kegiatan eksplorasi dari kawasan Aceh, Bengkulu, Jambi, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sulawesi Tengah. Perlu diketahui, Kebun Raya Cibodas sebagai lembaga konservasi tumbuhan secara ex situ telah mengoleksi dan menyelamatkan berbagai jenis tumbuhan dari berbagai belahan dunia.

Hingga 2017, Kebun Raya Cibodas telah mengoleksi 1.851 jenis tanaman yang sudah tercatat dengan baik dan sudah dilengkapi dengan berbagai informasi, termasuk 46 jenis tanaman yang memiliki status konservasi terancam punah dan sangat terancam punah. Peresmian Taman Tematik Liana merupakan momentum penting dalam rangka menambah jumlah keanekaragaman tanaman koleksi yang ada di Kebun Raya Cibodas,”

Source wisata cianjur
Comments
Loading...