Wisata Alam Situ Cileunca di Pangalengan Bandung

0 148

Situ Cileunca 

Wisata Pangalengan merupakan sebuah kecamatan yang terletak di kabupaten Bandung, Jawa Barat yang terkenal sebagai sentra penghasil susu. Daerah di selatan Bandung ini juga terkenal dengan pertanian dan perkebunannya. Pangalengan kini juga menjadi sasaran para pecinta wisata sebagai daerah tujuan menghabiskan waktu libur. Situ Cileunca merupakan danau di Bandung yang akhirnya difungsikan sebagai objek wisata di Bandung Selatan tepatnya. Mereka seringkali menyebut tempat ini dengan nama Situ Cileunca Pangalengan Bandung, Jawa Barat. Tidak sedikit yang berkunjung namun suasananya memang membuat hati menjadi tenang.

Sejarah di Situ Cileunca

Dibalik keindahannya, anda bisa mengenal Situ Cileunca dengan mendengar atau menyimak kisah terbentuknya. Menurut sejarah, danau ini adalah kawasan pribadi dari seorang warga Belada yang bernama Kuhlan. Ia menetap di Pangalengan. Dalam pembangunannya, Situ Cileunca dilakukan dalam kurun waktu yang lama sekitar 7 tahun dari mulai tahun 1919 sampai 1926 dengan membendung aliran sungai Kali Cileunca dan terbuatlah sebuah situ yang sekarang bernama Dam Pulo.

Ada keunikan dalam pembangunannya, Situ ini dibangun bukan menggunakan cangkul melainkan menggunakan halu dan dipimpin oleh dua orang pintar yakni juragan Arya dan Mahesti. Di zaman Kolonial Belanda, tempat ini digunakan untuk sumber listrik di Kota Bandung. Selain itu, debit airnya juga digunakan sebagai cadangan air bersih untuk warga setempat dengan kapasitas air waktu itu adalah 9.89 juta M3.

Harga Tiket Masuk Situ Cileunca 

Mendapatkan suasana sejuk selama liburan di Situ Cileunca tidaka akan anda sesali. Sebab, harga tiket masuk yang harus dibayar tergolong murah, hanya Rp. 5000/ orang di hari biasa dan Rp. 10.000/ orang di akhir pekan. Anda bisa menikmati outbond dengan biaya Rp. 150.000 – Rp. 450.000/orang. Arung jeram dengan biaya Rp. 150.000/ orang. Harga sewaktu – waktu bisa berubah. Sementara jam buka yang berlaku adalah setiap ahri dari hari senin sampai dengan minggu. Untuk berkunjung anda bisa datang kapan saja sebab dibuka 24 jam sementara untuk fasilitas atau wahananya buka di jam 08.00 s/d 17.00 WIB.

Akses Menuju Situ Cileunca 

Menuju tempat wisata ini, jika dari Kota Bandung ada beberapa alternative yang jadi saran seperti menggunakan kendaraan umum dengan waktu tempuh 2,5 jam anda bisa naik bus langsung jurusan Pangalengan. Rute terbaiknya adalah di Dayeuhkolot, bale Endah, Pameungpeuk, Banjaran, Cimaung, Pangalengan, Situ Cileunca. Sementara jika anda berangkat dari Tol Purbaleunyi, untuk menghindari kemacetan anda bisa melalui Baros Cimahi, Nanjung, Patrol, Cipatik, Soreang, Banjaran, Cimaung Pangalengan, dan di Situ Cileunca. Satu lagi jika anda berlibur di Ciwidey, anda bisa berkunjung ke tempat ini di awala atau akhir liburan sebab letak jalur yang digunakan terpisah di sekitaran wilayah Soreang.

Source Jalan Wisata gravity
Comments
Loading...