Warning: unlink(/tmp/474ab38d254b7f2a73cd44ccb6f22411-qP2Cnp.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Wisata Alam Pantai Apra Cianjur Jawa Barat

0 246

Pantai Apra

Pantai Apra adalah salah satu wisata pantai yang terletak di Desa Saganten, Kec. Sindangbarang, Kab. Cianjur Selatan. Ini merupakan pantai yang paling dekat dengan tempat kerja saya jhe, kurang lebih 600 meter dari alun-alun Sindangbarang menuju arah selatan. Pantai Apra paling ramai saat lebaran datang bahkan bisa membuat antrian yang cukup panjang dan macet, dikarenakan orang berbondong-bondong untuk melihat keadaan pantai yang terletak di kampung apra ini.

Keunikan Pantai Apra

Tidak ada ciri serta keunikan yang khas dari pantai yang satu ini, hanya saja saat sore hari banyak orang yang berkunjung untuk melihat matahari terbenam ataupun sekedar foto-foto. Saat malam minggu tiba, pantai ini biasanya begitu ramai dimalam hari karena dijadikan sebagai tempat nongkrong oleh kalangan muda yang ingin menghabiskan malam minggunya di pantai ini.

Fasilitas Pantai Apra

Pantai ini terletak dekat dengan muara sungai Cisadea dan biasanya di muara ini banyak sekali rakit yang digunakan oleh para nelayan untuk mencari ikan di sungai, Apra dan sungai Cisadea bisa terkenal saat musim Impun tiba. Impun ini berupa ikan yang kecil-kecil hampir sama dengan bentuk belatung namun ini sangat nikmat musim Impun ini biasanya terjadi pada 21 hingga 25 setiap bulannya ataupun hanya pada bulan-bulan tertentu saja. Pada siang hari pantai ini nyaris tidak ada yang mau datang untuk berkunjung karena panas yang sangat menyengat dan tidak ada pepohonan untuk berteduh.
Dengan gambaran struktur rumah tersebut, tentu bisa dipastikan tidak ada fasilitas MCK (mandi, cuci, kakus). Warga masyarakat biasa menggunakan fasilitas MCK umum yang mereka dirikan untuk wisatawan yang berkunjung ke pantai. Warga sekitar pantai APRA ini menjalani hidup sederhana. Sebagian kecil dari mereka bekerja menangkap ikan dengan cara sederhana yakni menjala. Hasil tangkapan ikan tersbeut dijual di pasar. Sedangkan sebagian besar warga lainnya bekerja sebagai buruh tani musiman.

Harga Tiket Pantai Apra

Dengan jarak yang cukup jauh dari kota Cianjur, melewati rute memasuki gunung yang berbelok-belok serta naik turun hingga bertemu dengan jalanan yang rusak, kurang lebih 4 jam perjalanan, tibalah di lokasi yang dituju. Untuk masuk ke pantai, sebelumnya ada sebuah pos yang dijaga oleh warga sekitar mungkin mereka meminta biaya tarif masuk sebesar Rp. 10.000. Tak mengerti dengan bagaimana hitungannya perorang atau perkendaraan, sebuah karcis diberikan sebagai tanda bukti masuk ke pantai.
Source Jalan Wisata wisata priangan
Comments
Loading...