Wisata Alam Eksotis Goa Sentono Blora Jawa Tengah

0 231

Goa Sentono

Goa Sentono merupakan salah satu tempat wisata alam yang berada di Blora, bagi masyarakat Blora bagian selatan dan bagi pecinta sejarah Blora pasti tidak asing dengan Goa Sentono ini. Namun tidak banyak orang yang mengetahui keberadannya karena minimnya petunjuk arah dan promosi di daerah wisata  ini.

Lokasi Goa Sentono

Lokasi Gua Sentono Blora berada di Desa Mendenrejo Kecamatan Kradenan Blora Butuh waktu sekitar satu jam untuk sampai ke lokasi goa ini. Namun jangan heran sepanjang perjalanan akan banyak melihat landscape pemandangan sawah, hutan dan pegunungan. Wilayah disini termasuk dataran tinggi.

 

 

Sejarah Goa Sentono

Untuk mencapai ke mulut Goa saja harus bersusah payah menuruni bebatuan terjal yang berlumut. Hendaknya bagi pengunjung yang ingin melihat mulut Goa supaya sandal atau sepatu dilepas, supaya tidak terpeleset. Karena sulitnya medan, ada larangan bagi anak-anak untuk tidak boleh melihat mulut Goa. Jarang sekali orang yang bisa masuk sampai ke ruangan Goa, dikarenakan bentuknya kecil mengerucut., tidak seperti  goa-goa lainnya yang siapapun bisa masuk. Konon menurut cerita masyarakat sekitar, Goa sentono Menden bisa tembus sampai ke Tuban Jawa Timur yang jaraknya puluhan kilometer. Benar tidaknya belum ada yang tahu, karena sampai saat ini belum pernah ada yang membuktikan.

Akses Menuju Goa Sentono

Akses ke lokasi goa ini bisa ditempuh dengan motor. Sesampainya di lokasi Dukuh Sentono Desa Mendenrejo ada semacam gubuk kecil untuk berteduh. Dari gubuk kecil untuk berteduh. Dari gubuk tersebut ke Goa Sentono harus ditempuh dengan jalan kaki sejauh kurang lebih 300 m. Goa Sentono persis ada disebelah Sungai Bengawan Solo. Goa Sentono berada di pegunungan kapur. Bibir goa tidak jauh dari tebing Sungai Bengawan Solo. Lebar goa sekitar 3 m dengan ketinggian sekitar 2,5 m dan kedalaman hingga sekitar 10 m. Jika dilihat kedalam bentuknya semakin mengerucut.

Source wisata blora
Comments
Loading...