Wisata Alam Bukit Karang Numpang Sukabumi Jawa Barat

0 222

Bukit Karang Numpang Sukabumi

Bukit Karang Numpang Sukabumi merupakan salah satu wisata alam yang berada di Karang Numpang di Kampung Legoknyenang, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Tempat wisata yang baru eksis sekitar setahun ini menyuguhkan panorama alam berupa bebatuan Gunung Larang, ilalang, dan view sebagian wilayah Kota Sukabumi dari Puncak Gunung.

Aksesbilitas Bukit Karang Numpang Sukabumi

Dari jalur utama tepatnya ruas Jalan Mangkalaya-Cisaat, pengunjung harus melewati jalan berbatu sekitar 1 kilo meter untuk mencapai Puncak Gunung Pancawati tersebut. Bagi pengunjung yang mengendarai motor dan mobil tak perlu khawatir. Jalan tersebut bisa dilalui kendaraan roda dua maupun empat. Namun untuk kendaraan roda empat diupayakan jenis offroad karena jalanannya berbatu dan menanjak. Sebelum masuk ke areal gunung, pengunjung harus melewati portal yang dijaga warga sekitar. Untuk sekarang tarifnya masih belum ditentukan. Kebanyakan pengunjung membayar rata-rata Rp2 ribu rupiah.

Selama perjalanan menuju Puncak Gunung, adrenalin pengunjung akan sedikit diuji karena melewati jalan berbatu, berbelok, dan berbatu. Di kiri kanan ada pemandangan pepohonan berupa ilalang dan kebun warga. Belum lagi, pengunjung juga akan melewati bekas pabrik penggilingan batu tua. Setelah memakan waktu sekitar 10-15 menit tiba lah pengunjung di areal parkir kendaraan yang juga masih dikelola warga setempat. Di sana kini sudah ada saung dan warung kecil.

Dari titik ini, pengunjung kini hanya bisa berjalan kaki ke atas Puncak Gunung. Di Puncak ini pengunjung akan melihat berbagai bentuk batu karang, salah satunya Karang Numpang serta hamparan ilalang. Di samping itu, mata pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan sudut Kota Sukabumi dan sebagian wilayah Panggeleseran Kabupaten Sukabumi. Di tambah udara segar dan semilir angin pegunungan. Berdasarkan pengamatan Pos Kota, para pengunjung bukan hanya berasal dari warga lokal. Tak sedikit wisatawan asal wisatawan dari daerah lainnya yang penasaran melihat langsung Karang Numpang.

Harga Tiket Bukit Karang Numpang Sukabumi

Disini Anda akan diminta membayar uang parkir kendaraan bermotor, roda dua dikenakan biaya Rp. 3000,- saja. Dari titik pertama ini, Anda kembali harus membawa motor Anda untuk mendaki, berhati-hatilah karena jalanannya yang berkerikil lebih lagi licin jika baru saja diguyur hujan. Setelah 3 menit memacu motor dari titik masuk pertama maka Anda akan bertemu dengan lokasi parkiran motor, disini Anda akan di minta membayar uang masuk atau retribusi kebersihan sebesar Rp. 2000,- perorangnya.

Source wisata inisukabumiku
Comments
Loading...