Warning: unlink(/tmp/5914058945c6f253f68cbf38062a4c44-0vcPFR.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Wisata Alam Air Terjun Kedung Kandang Gunung Kidul

0 126

Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang merupakan salah satu wisata air terjun unik yang tersembunyi di Gunung Kidul. Air terjun ini mempunyai tingkatan sebanyak 6 tingkat. Berada di persawahan penduduk menjadikan pemandangan Air Terjun Kedung Kandang sangat alami, sejuk dan tentunya terlihat hijau.

Air Terjun Kedung Kandang memang belum dikelola secara resmi oleh pengelola wisata ataupun pemerintah. Untuk sementara ini pengelolaan wisata Air Terjun Kedung Kandang di kelola oleh Desa Wisata Nglanggeran. Sehingga untuk fasilitas memang belum tersedia, disana hanya ada bebeapa rumah penduduk yang menyediakan tempat untuk penitipan motor dan menjual makanan ringan.

Lokasi Air Terjun Kedung Kandang

Lokasi air terjun kandang berada di Dusun Gunungbutak, Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk. Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air Terjun Kedung Kandang berada tidak jauh dari embung dan Gunung Api Purba Nglanggeran, sehingga tidak terlalu sulit untuk menemukan air terjun ini. Air Terjun Kedung Kandang berada di titik koordinat GPS S7°51’20.2″ E110°32’06.3 .

Rute dari kota Jogja menuju Kedung Kandang adalah melewati Jalan Wonosari, naik menuju ke Kecamatan Pathuk, Sebelum SMP n 2 Pathuk ambil kiri ke arah Dusun Bobung, setelah bertemu perempatan silahkan ambil ke arah kiri, nanti bertemu dengan warung Mie Ayam Mbak Nining masuk ke kiri. Nanti ketemu lapangan volly, sepeda motor bisa dititipkan disana.

Keindahan Air Terjun Kedung Kandang

Sampai gerbang masuk Air Terjun Kedung Kandang kita sudah di sambut dengan ramah tamah warga, Jika bertemu dengan warga lokal jangan sungkan untuk sekedar menyapa, karena memang warga di sekitar Air Terjun Kedung Kandang sangat ramah. Jarak dari parkiran sampai ke air terjun kedung kandang sekitar 900 meter, dan jalan nya masih beanr-benar jalan tanah, belum di cor, ya tapi itulah sensasi menuju air terjun ini. Disana kita bisa secara langsung melihat para petani sekitar Air Terjun Kedung Kandang sedang bercocok tanam.

Tebing-tebung batu vulkanik dan hamparan padi adalah ciri khas kawasan Air Terjun Kedung Kandang. Batuan di Air Terjun Kedung Kandang pun di dominasi dengan batuan vulkanik khas Gunung Api Purba Nglanggeran, ini karena memang letaknya tidak terlalu jauh dengan Gunung Api Purba. Air Terjun Kedung Kandang sendiri sebenarnya terdpat 3 Kedung dan ada sekitar 6 tingkatan air terjun. Kedung Kandang adalah Kedung paling bawah dan paling besar,  lau diatasnya ada Kedung Temanten dan Kedung Keris. Tetapi kami mendapat informasi dari warga sekitar bahwa ada larangan untuk mandi atau nyemplung di kedung.

Source http://piknikasik.com http://piknikasik.com/air-terjun-kedung-kandang-pesona-alam-gunungkidul-yang-tersembunyi
Comments
Loading...